PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMKN 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL

Nursyam Bakhtiar, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMKN 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover dan bab 1-3_merged - Nursyam Bakhtiar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 4-5 - Nursyam Bakhtiar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
dp dan lamp_compressed - Nursyam Bakhtiar.pdf

Download (9MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang membahas mengenai pengembangan modul mata pelajaran Bisnis Online berbasis Project Based Learning (PjBL). Dari hasil validari Ahli Materi memberikan penilaian terhadap bahan ajar dari aspek kelayakan isi dan aspek kelayakan penyajian. Hasil akhir validasi dari aspek kelayakan isi rata-rata untuk penilaian validasi dari Validator 1 sebesar 96% dan Validator 2 adalah 81%. Kemudian hasil akhir validasi aspek kelayakan penyajian Validator 1 memberikan penilaian validasi sempurna 100% dan Validator 2 memberikan penilaian dengan rata-rata 86%. Hasil-hasil persentase tersebut masuk dalam kriteria penilaian validasi sangat valid berarti apabila dilihat dari hasil validasi ahli materi yang disusun layak digunakan dalam pembelajaran. Validasi Ahli Media memberikan penilaian terhadap bahan ajar dari aspek kelayakan kegrafikan dan aspek kelayakan bahasa. Dari tabel validasi aspek kelayakan kegrafikan rata-rata validasi aspek tersebut sebesar 97% dan hasil validasi aspek kelayakan bahasa diperoleh rata-rata persentasi penilaian validasi 94%. Persentase tersebut masuk dalam kriteria sangat valid. Hasil tersebut menunjukkan dilihat dari validasi ahli media modul bisnis online yang disusun masuk dalam kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T Test dan Uji Independent Sample T Test diketahui nilai rata-rata Pre Test Kelas Eksperimen 32,48 dan Post Test Kelas Eksperimen 82,70. Sementara Pre Test Kelas Kontrol 30,42 dan Post Test Kelas Kontrol 61,45. Hal tersebut dapat disimpulkan juga bahwa mutu pembelajaran mengalami peningkatan setelah kegiatan pembelajaran Bisnis Online dilaksanakan menggunakan modul dengan pendekatan Project Based Learning yang telah disusun

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:15
Last Modified: 13 Mar 2023 01:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

View Item View Item