KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 5 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Jawa pada Siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021)

IDHA HASLENI, . (2023) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 5 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Jawa pada Siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover sampe bab 3 bu ida - Fifit S. L.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4 sampe bab 5 bu ida - Fifit S. L.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
daftar pustaka bu ida - Fifit S. L.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 5 Adiwerna, Kabupaten Tegal di masa pandemi Covid 19 (2) Mendeskripsikan kreativitas guru SMP Negeri 5 Adiwerna dalam pembelajaran bahasa Jawa di masa pandemi Covid 19 dan 3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitataif dengan pendekatan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal. Responden penelitian ini adalah Ketua Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum, Guru bahasa Jawa dan beberapa Siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan 1) tahap Reduksi data, 2) tahap Display data, dan 3) tahap Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini seagai berikut: 1) Pembelajaran bahasa Jawa di masa pandemi Covid 19 adalah pembelajaran daring atau on line dan tatap muka 50% atau separuh dari kapasitas sekolah yang ada, 2) Kreativitas guru SMP Negeri 5 Adiwerna (1) Pada saat daring, guru bahasa jawa menggunakan model pembelajaran kombinasi, yaitu pembelajaran daring menggunakan laptop atau hp sedangkan anak-anak atau siswa menggunakan HP dan ada kalanya guru bahasa jawa juga melayani anak-anak atau siswa yang datang ke sekolah, (2) Pada saat pembelajaran tatap muka yaitu pembelajaran dengan 50% kapasitas maka model pembelajaran dilakukan dengan diskusi, tanya jawab, dan demontrasi terhadap siswa. b) Media pembelajaran yang digunakan laptop dan kadang-kadang menggunakan HP dan ada guru bahasa jawa yang menggunakan gambar untuk memberikan variasi dalam proses belajar mengajar c) Pendekatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 adalah menggunakan pendekatan student centered pada pembelajaran daring dan pada pembelajaran tatap muka dengan 50% kapasitas pembelajaran lebih menunjukkan teacher centered, karena siswa harus menjaga jarak satu dengan yang lainnyadan 3) Kendala yang dihadapi untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal, diantaranya adalah ada beberapa siswa yang tidak mempunyai hp dan ada juga siswa yang berbagi hp dengan orang tuanya, terbatasnya kuota internet dan juga sinyal internet yang tidak stabil. Kendala yang dihadapi ketika pembelajaran tatap muka yaitu terbatasnya waktu dalam pembelajaran karena waktu pembelajaran dibatsi sampai jam 10 pagi, sehingga materi yang disampaikan tidak tuntas

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:35
Last Modified: 13 Mar 2023 02:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item