PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL STUDI LANJUT DENGAN METODE FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X SMA NEGERI SE KOTA PEKALONGAN

Nuriska Wahyu Utami, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL STUDI LANJUT DENGAN METODE FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X SMA NEGERI SE KOTA PEKALONGAN. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
DAFPUST & LAMPIRAN - Nuriska Wahyu_ Siska.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Nuriska Wahyu_ Siska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 1-3 - Nuriska Wahyu_ Siska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa bimbingan klasikal studi lanjut yang sudah dilaksanakan di lapangan masih dilakukan menggunakan metode konvensional, dengan model ceramah dalam pemberian materi layanan, sehingga siswa kurang memahami dan kurang berminat pada materi yang diberikan. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi faktual bimbingan klasikal studi lanjut dan perencanaan karir siswa, bagaimana model bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning untuk meningkatkan perencanaan karir siswa, dan apakah model bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning efektif untuk meningkatkan perencanaan karir studi lanjut siswa. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah: (1) Persiapan Pengembangan Model, (2) Pengembangan Model Hipotetik, (3) Uji Kelayakan Model Hipotetik, (4) Perbaikan Model Hipotetik, (5) Uji Kelayakan Model, (6) Model Akhir Produk. Subyek penelitian adalah SMA Negeri se Kota Pekalongan yang berjumlah 4 sekolah, sedangkan uji efektifitas model diperoleh dengan purposive sampling pada kelas yang memiliki tingkat perencaaan karir rendah yaitu siswa kelas X Kartini 2 SMA Negeri 1 Pekalongan yang berjumlah 36 siswa. Hasil pengembangan model dalam penelitian ini adalah model bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning untuk meningkatkan perencanaan karir studi lanjut siswa SMA Negeri Kota se Pekalongan, yang terdiri dari: (1) Rasional, (2) Visi dan Misi, (3) Tujuan, (4) Isi bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning, (5) Tahapan pelaksanaan bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning, (6) Evaluasi, (7) Tindak lanjut. Tingkat perencanaan karir antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning diperoleh hasil statistik Asymp. Sig. (2-tailed) dapat dilihat dari probabilitas 0,009 < 0,05, serta terjadinya peningkatan perencanaan karir dilihat dari hasil pre test dan post test yaitu 80,56%. Guru bimbingan dan konseling disarankan dapat melaksanakan bimbingan klasikal studi lanjut yang lebih inovatif dan kreatif dengan bimbingan klasikal studi lanjut dengan metode flipped learning, karena terbukti efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa studi lanjut siswa SMA Kota Pekalongan

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:52
Last Modified: 13 Mar 2023 04:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item