EVALUASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK NEGERI 1 WARUREJA

Anggun Kurniadi, . (2023) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK NEGERI 1 WARUREJA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover, Bab 1-3 - Anggun Kurniadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Anggun Kurniadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-Lampiran - Anggun Kurniadi.docx

Download (1MB)

Abstract

Kurniadi, Anggun, 2023 “Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Menggunakan Model CIPP di SMK Negeri 1 Warureja”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi . Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd, Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Program Sekolah Ramah Anak, Evaluasi Model CIPP, Efektivitas SRA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi Context, Input, Process, Product dan tingkat efektifitas pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (SRA) menggunakan model CIPP di SMK Negeri 1 Warureja. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif (mixed metthods). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah design parallel konvergen (paralel bersamaan). Hasil penelitian untuk skor komponen SRA untuk kebijakan SRA sebesar 86,67% (Sangat Baik), manajemen dan peraturan sekolah 93,33% (Sangat Baik), sarana, prasarana dan lingkungan memperoleh skor 100% (Sangat Baik) dan partisipasi anak 80% (Baik). Pelaksanaan SRA ditinjau dari Model CIPP adalah sangat baik., dengan skor untuk aspek konteks sebesar 88,5% (Sangat Baik), aspek input diperoleh skor 88,89% (Sangat Baik), dan aspek proses sebesar 86,67% serta aspek produk sebesar 86,67% (Sangat Baik). Tingkat keefektifan pelaksanan SRA termasuk kategori baik dengan jawaban frekuensi terbesar adalah jawaban sudah terlaksana dengan maksimal dengan rata-rata 23,77 responden (67,92%) menjawab terlaksana tapi belum optimal, 7,57 responden (21,63%) dan menjawab belum terlaksana optimal, 1,71 responden (4,9%). Faktor pendukung dalam mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak di SMK Negeri 1 Warureja yaitu sikap dan komitmen para guru serta dukungan positif dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi program SRA terletak pada sumber daya finansial yang terbatas dan sarana prasarana untuk siswa inklusi harus disiapkan pada penerimaan peserta didik tahun depan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:31
Last Modified: 13 Mar 2023 07:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item