PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DARING MEPOCHA (MEETING, POSTING, CHATTING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 SLAWI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

HESTI PUSPA MAULINDA, . (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DARING MEPOCHA (MEETING, POSTING, CHATTING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 SLAWI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER, BAB I,II,II - Hesti Puspa Maulinda.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV dan V edit - Hesti Puspa Maulinda.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & Lampiran - Hesti Puspa Maulinda.docx

Download (86kB)

Abstract

Maulinda, Hesti Puspa. 2023 “Pengembangan Metode Pembelajaran Daring Mepocha (Meeting, Posting, Chatting) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Slawi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Taufiqulloh, M.Hum, Pembimbing II Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Metode Pembelajaran Daring, Mepocha, Google Classroom, Motivasi dan Prestasi Belajar. Pergeseran cara pembelajaran di era yang baru membawa perubahan tatap muka menjadi pembelajaran daring. Tuntutan perubahan era digital berbasis teknologi dan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Pendidikan tidak dapat terhindar dari perubahan tersebut dengan mengubah pembelajaran langsung menjadi pembelajaran online sebagai tindak lanjut pembatasan jarak. Peralihan tersebut mengakibatkan banyak masalah karena ketidaksiapan guru dan siswa baik dalam kreativitas, inovasi, dan kompetensi teknologi. Banyaknya fitur dan aplikasi yang ditawarkan belum dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran. Disinilah pengembangan metode pembelajaran online dan Mepocha yang mana meliputi meeting, posting, chatting menjadi solusi dengan berbantu google classroom. Jenis penelitian adalah R & D (Research and Development) dengan membagi menjadi 4 tahapan diantaranya Exploration, Developing, Examination, dan Disemination. Dari empat tahap tersebut terdapat pembatasan penelitian hanya sampai tahap examination skala kecil. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI.Mipa 1 dan 2 SMA N 1 Slawi Kabupaten Tegal sejumlah 64 siswa. Cara pengambilan sampel yaitu dengan teknik simpel random sampling. Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh hasil uji validitas instrumen yaitu dari analisis kebutuhan siswa diperoleh 20 item yang dianggap valid untuk diujikan. Perolehan data sudah reliabel dan valid dan didapatkan perlu adanya pengembangan metode. Penilaian pada prototipe yang sudah berbentuk manual’s book oleh para ahli metode dengan rata-rata skor 74,5 dan sesuai dengan indikasi kevalidan menunjukan manual’s book tersebut valid dengan perbaikan. Penilaian kepraktisan produk didapati skor 75 dan menunjukan praktis dengan perbaikan. Berdasarkan hasil validasi, Metode Mepocha dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Inggris telah memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan. Sesuai dengan uji hipotesis melalui uji regresi linier terkait motivasi dan prestasi belajar terjadi peningkatan yang sangat signifikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:29
Last Modified: 14 Mar 2023 01:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item