PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBANTUAN QR & BARCODE SCANNER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 WARUREJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Andi Eka Sulistyawan, . (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBANTUAN QR & BARCODE SCANNER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 WARUREJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
2_Cover_BAB_III - Andi Eka Sulistyawan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3_BAB_IV_BAB V - Andi Eka Sulistyawan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_DAFTAR PUSTAKA_lAMPIRAN - Andi Eka Sulistyawan.docx

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran materi logika matematika berupa bahan ajar dengan menggunakan QR Code & barcode scanner yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Warureja, Kabupaten Tegal. Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini menggunakan langkah-langkah pengembangan menurut Borg & Gall, tetapi desain pengembangan media pembelajarannya dimodifikasi meliputi 3 langkah, yaitu (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap validasi hasil implementasi. Uji coba penggunaan media pembelajaran ini menggunakan kelas eksperimen dengan metode pembelajaran diskusi yang bermedia QR Code & barcode scanner dan kelas control dengan metode pembelajaran ceramah bermedia slide presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran QR & barcode scanner ini layak digunakan menurut ahli materi dan ahli media serta mendapat respon “baik” dan kategori “layak” dengan penilaian skor Aiken V sebesar 0,83 untuk materi dan 0,84 untuk media. Media QR & Barcode Scanner juga layak untuk diterapkan pada pembelajaran diskusi dengan skor 81% dari siswa dan 83% dari rekan guru sejawat termasuk dalam kategori sangat baik untuk diterapkan. Produk yang dikembangkan juga terbukti “cukup efektif” meningkatkan motivasi belajar dan hasil siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Warureja, Kabupaten Tegal dimana untuk motivasi diperoleh signifikansi 0,02 dan untuk hasil belajar 0,002. Kedua taraf signifikansi tersebut dibawah dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Hasil perhitungan uji N-gain score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen 72,76% dan hasil belajar sebesar 77,36%. Keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian rata-rata tingkat efektivitas untuk media pembelajaran ini adalah efektif.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:52
Last Modified: 14 Mar 2023 01:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item