MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF AJARAN TASAWUF PADA LIRIK LAGU DEWA 19 DALAM ALBUM LASKAR CINTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP

Taryono, Mohamad Rizal (2020) MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF AJARAN TASAWUF PADA LIRIK LAGU DEWA 19 DALAM ALBUM LASKAR CINTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP. MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF AJARAN TASAWUF PADA LIRIK LAGU DEWA 19 DALAM ALBUM LASKAR CINTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMP.

[img] Text
SKRIPSI RIZAL.doc

Download (3MB)

Abstract

Taryono, Mohamad Rizal. 2019. Makna Denotatif dan Konotatif Ajaran Tasawuf pada Lirik Lagu Dewa 19 dalam Album Laskar Cinta dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : makna denotatif, makna konotatif, tasawuf, implikasi pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan makna denotatif dan konotatif ajaran Tasawuf pada lirik lagu-lagu Dewa 19 dalam album Laskar Cinta dan implikasi hasil penelitiannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Album Laskar Cinta Dewa 19. Wujud data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa dan kalimat dalam lirik lagu yang mengandung makna denotatif dan konotatif ajaran Tasawuf. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis pada penelitian ini adalah metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotatif dalam lirik lagu-lagu Dewa 19 dalam Album Laskar Cinta adalah tentang kemusnahan, penyatuan, sanjungan, kebenaran hakiki, ketenangan jiwa, dan percintaaan atas nama Tuhan. Setelah dimaknai secara denotatif, lirik lagu tersebut dimaknai secara konotatif dengan perspektif ajaran Tasawuf. Makna konotatif ajaran Tasawuf dalam lirik lagu tersebut adalah dzikrul mawt, al-hulul, munajat, al-sabr, tawakkal, rida, khawf, takhallĂ®, dan mahabbah. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester ganjil. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik dapat menjadikan lirik lagu-lagu atau puisi bertema sufistik sebagai alternatif bahan pembelajaran karena di dalamnya terdapat nilai-nilai positif bagi kehidupan. Bagi guru, diharapkan dapat mengembangkan khazanah keilmuan dan membangkitkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rizal Mohamad Rizal Taryono Taryono
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:30
Last Modified: 11 Feb 2020 07:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item