KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Elia, Maskani (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Elia Maskani_Pendidikan IPA_1815500008.pdf

Download (8MB)

Abstract

MASKANI, ELIA. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Aji Fatkhurrohman, M. Pd. Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M. Si. Kata Kunci : Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Kartu, Prestasi Belajar, Kerjasama Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar kognitif peserta didik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi suhu dan perubahannya. (2) untuk mengetahui keefektifan prestasi belajar kognitif peserta didik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi suhu dan perubahannya. (3) untuk membandingan tingkat kerjasama peserta didik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi suhu dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester I di salah satu SMP N kecamatan Tegal Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar kognitif peserta didik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi suhu dan perubahannya dilihat dari perolehan nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas TGT berbantuan kartu lebih besar dari kelas TGT, yaitu 78.00>71.13 dan nilai signifikansi 0.002<0.05, (2) model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu lebih efektif dibanding model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan perubahannya dilihat dari perolehan nilai rata-rata ketuntasan dan N-Gain score, serta (3) peningkatan kerjasama peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan perolehan rata-rata kerjasama kelas eksperimen sebesar 79.72% dan kelas kontrol sebesar 59.44%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Elia Elia Maskani
Date Deposited: 11 Feb 2020 22:31
Last Modified: 11 Feb 2020 22:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item