PERBEDAAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA MELALUI IMPLEMENTASI KARTU KUARTET PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu Syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Isnaeni Nur, Widiyanti (0011) PERBEDAAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA MELALUI IMPLEMENTASI KARTU KUARTET PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu Syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi horee ISNA.pdf

Download (13MB)

Abstract

Widiyanti, Isnaeni Nur. 2020. “Perbedaan Komunikasi Ilmiah Siswa Melalui Implementasi Kartu Kuartet pada Materi Pemanasan Global” Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mobinta Kusuma, M.Pd. Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd. Kata Kunci : Kartu Kuartet, pemanasan global, Komunikasi Ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan komunikasi Ilmih siswa melalui implementasi kartu kuartet pada pemanasan global dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan kartu kuartet pada pembelajaran IPA Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Al-Qur’an Zaenuddin Kramat Kabupaten Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 102 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis validitas instrumen dan analisis data. Hasil penelitian setelah menggunakan kartu kuartet dengan uji Independent Sample t-test menunjukan thitung > ttable (10,924 > 1,674) dan memperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 serta hasil kuesioner memperoleh presentase sebesar 80,15% dengan kategori sangat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan komunikasi ilmiah siswa melalui media kartu kuartet serta respon siswa terhadap penggunaan kartu kuartert berada pada kategori sangat tinggi. Adapun saran yang diajukan untuk guru, hendaknya tidak memfokuskan pada satu acuan agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Selain itu, saran diajukan agar peneliti selanjutnya benar-benar memahami bagaimana metode pembelajaran IPA dengan menggunakan media untuk meningkatkan komunikasi ilmiah siswa agar penelitian dapat dilaksanakan secara maksimal dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Isnaeni NW Isna Muslah
Date Deposited: 11 Feb 2020 22:32
Last Modified: 11 Feb 2020 22:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item