IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Ruqoyyah, oyyah (2020) IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_RUQOYYAH_1815500005.pdf

Download (4MB)

Abstract

RUQOYYAH, 2020. Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpiki Kreatif Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd., Pembimbing II : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd. Kata kunci : inkuiri terbimbing, pop-up book, berpikir kreatif, peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan dan pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book serta mengetahui keefektifan penggunaan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif perserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester I di SMP N 13 Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun data yang diambil dengan teknis tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book dilihat dari hasil kemampuan awal dan kemampuan akhir peserta didik. Penelitian ini juga mengukur keefektifan model ikuiri terbimbing berbantuan pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil analisis pada kelas eksperimen menggunakan N-Gain memperoleh rata- rata nilai sebesar 56,24 lebih besar dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 45,1. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA lebih efektif menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book daripada hanya menggunakan model inkuiri terbimbing. Adapun saran yang diajukan untuk peneliti agar dapat menambahkan kegiatan tambahan berupa tebak-tebakan ataupun permainan ketika proses belajar berlangsung. Selain itu saran diajukan untuk guru IPA SMP, model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sehingga, peserta didik lebih mudah mempelajari fenomena alam dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: ruqoyyah oyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 22:31
Last Modified: 11 Feb 2020 22:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item