NILAI BUDAYA JAWA DALAM NOVEL NUN PADA SEBUAH CERMIN KARYA AFIFAH AFRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK

Ridiyanti, Linda (2020) NILAI BUDAYA JAWA DALAM NOVEL NUN PADA SEBUAH CERMIN KARYA AFIFAH AFRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Linda Ridiyanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

RIDIYANTI, LINDA. 2019. “Nilai Budaya Jawa dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMK”. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M. Pd. Pembimbing II Agus Riyanto, M. Pd. Kata kunci : Nilai Budaya Jawa, Novel. Implikasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh unsur ekstrinsik novel Nun Pada Sebuah Cermin dengan hasil data deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan nilai budaya Jawa pada novel Nun Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMK. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi, sumber data berupa buku novel Nun Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra. Wujud data dalam penelitian ini adalah penggalan teks yang menggambarkan nilai budaya Jawa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analisis. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan penulis yaitu metode informal. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan penulis terdapat lima nilai budaya Jawa yaitu 1) nilai hakikat hidup 30 data, 2) nilai hakikat kerja 14 data, 3) nilai hakikat waktu 3 data, 4) nilai hubungan manusia dengan sesamanya 46 data yang terbagi ke dalam (a) sifat baik hati 29 data, (b) sopan 13 data, (c) simpati 2 data, dan 5) nilai hakikat hubungan manusia dengan alam sekitarnya 4 data. Total keseluruhan data dalam penelitian ini adalah 97 data. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada kelas XII semester genap KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel, dengan indikator menentukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel. Saran dari penelitian ini adalah harapan penulis untuk para peneliti selanjutnya yang akan mengkaji novel Nun Pada Sebuah Cermin supaya bisa lebih baik dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis. Penulis juga berharap hasil penelitin ini dapat digunakan dalam pengembangan pembelajaran sastra di dunia pendidikan. Saran selanjutnya ditujukkan bagi pendidik dan peserta didik yaitu pendidik diharapkan mampu menjadi contoh yang teladan bagi peserta didik. Bagi peserta didik diharapkan dapat mengambil manfaat dari cerita yang terkandung dalam novel Nun Pada Sebuah Cermin karya Afifah Afra. Selain itu dapat mengamalkan nilai-nilai budaya Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Linda Ridi Yanti
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:37
Last Modified: 13 Feb 2020 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item