BAHASA VULGAR PADA ANAK USIA REMAJA DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Setiawan, Rendi (2020) BAHASA VULGAR PADA ANAK USIA REMAJA DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RENDI SETIAWAN PBSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiawan, Rendi. 2020 “ Bahasa Vulgar Pada Anak Usia Remaja dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP” Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II: Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata kunci: Bahasa Vulgar, Anak usia remaja, Implikasi pembelajaran bahasa Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bahasa Vulgar Pada Anak Usia Remaja dan Implikasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebahasaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh deskripsi tentang bahasa Vulgar Pada Anak Usia Remaja. Suber data yang digunakan pada penelitian ini adalah anak usia remaja di masyarakat desa pesantunan dan komunitas BASSIS. Wujud data pada peneitian ini adalah berupa data analisis percakapan anak usia remaja yang mengandung bahasa Fulgar, Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak catat. teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil analisis aspek tanda dan implikasi yang terdapat pada Anak Usia Remaja dapat diambil kesimpulan terdapat aspek tanda berupa 1) kata Bahasa Vulgar terdiri dari macam edisi bahasa Vulgar 2) faktor-faktor anak usia remaja menggunakan bahasa Fulgar dan . Dengan jumlah data:1 Indek sejumlah lima belas data,2 Faktor-faktor anak usia remaja menggunakan bahasa Vulgar 3 data. Penelitian ini dapat di implikasikan pada siswa kelas VIII. Dan dapat diterapkan pada materi berbicara. Saran yang dapat penulis sampaikan, diharapkan peserta didik mampu berbahasa dengan baik dalam berkomunikasi, baik dengan guru maupun sesama peserta didik. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan lebih memperhatikan pemilihan materi dan bahan ajar yang pas berkaitan dengan pembelajaran kompetensi berbicara.Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pendidikan sebagai pengajaran bahasa Indonesia dan dapat memberikan ilmu pendidikan bahasa serta bagi siswa dapat mengambil segi positif dari kebahasaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rendi RS Rendi Setiawan
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:12
Last Modified: 12 Feb 2020 03:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item