AMBIGUITAS PADA JUDUL BERITA SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI SEPTEMBER-OKTOBER 2019 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Santoso, Erik (2020) AMBIGUITAS PADA JUDUL BERITA SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI SEPTEMBER-OKTOBER 2019 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ERIK SANTOSO (PBSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Santoso, Erik . 2020. Ambiguitas pada Judul Berita Surat Kabar Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2019 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, H.Hum. Pembimbing II khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : Ambiguitas, Surat Kabar, Implikasi Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keambiguitasan kata, frasa, atau kalimat yang ada pada surat kabar suara merdeka dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah surat kabar atau Koran. Wujud data penelitian ini berupa penggalan judul pada surat kabar suara merdeka. Penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik pembacaan heuristik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pembacaan hermeneutik. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada judul surat kabar suara merdeka mengandung ambiguitas yang meliputi ambiguitas gramatikal dan ambiguitas leksikal. Ambiguitas gramatikal berjumlah 10 penggalan judul pada surat kabar dengan presentase 50%. Ambiguitas leksikal berjumalah 10 penggalan judul pada surat kabar dengan presentase 50%. Penelitian ambiguitas ini di implikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada Kompetensi Dasar 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi pada aspek membaca dan menulis. Masukan atau saran yang dapat penulis sampaikan, diharapkan peserta didik mampu menambah tingkat pemahaman dalam berbahasa Indonesia khususnya dalam membaca suatu berita atau artikel, baik dengan guru maupun sesama peserta didik. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan lebih memperhatikan pemilihan materi dan bahan ajar yang pas berkaitan dengan pembelajaran bahasa tentang materi teks eksposisi. penelitian tentang ambiguitas ini dapat diterapkan untuk menambah bentuk serta variasi sumber atau sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erik ES Erik Santoso
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:53
Last Modified: 12 Feb 2020 03:53
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item