GAYA BAHASA SINISME PADA KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM ARTIS NIKITA MIRZANI DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Muzayanah, Ulfah (2020) GAYA BAHASA SINISME PADA KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM ARTIS NIKITA MIRZANI DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Ulfah Muzayanah.pdf

Download (2MB)

Abstract

MUZAYANAH, ULFAH, 2019. “Gaya Bahasa Sinisme pada Kolom Komentar Edisi 18 November – 8 November 2019 Akun Instagram Artis Nikita Mirzani dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum., Pembimbing II Agus Riyanto, M. Pd., Kata kunci: Gaya Bahasa Sinisme, Kolom Komentar, Implikasi tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa sinisme yang ada pada kolom komentar akun instagram artis Nikita mirzani dan mendeskripikan implikasi hasil pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data berupa media sosial instagram. wujud data dalam penelitian ini adalah tuturan atau kata yang mengandung sinisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, baca, dan catat. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan penulis yaitu metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa sinisme dalam kolom komentar akun instagram artis nikita mirzani terdapat 21 data, sinisme memiliki dua bentuk yaitu 1) sinisme sindiran kasar terdapat 12 data, sedangkan sinisme sindiran halus terdapat 9 data. setelah mencari data man yang mengandung sinisme kasar dan sinisme halus, terdapat juga faktor munculnya gaya bahasa sinisme pada kolom komentar akun instagram artis nikita mirzani. Saran yang dapat penulis sampaikan, hendaknya peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan apa yang terkandung dalam gaya bahasa sinisme pada kolom komentar di media sosial khususnya instagram dan dapat dijadikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ulfah Muzayanah Syafira
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:42
Last Modified: 12 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item