KESINONIMAN VERBA BERAFIKS DALAM BERITA POLITIK DI SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI DESEMBER 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Miakara Solecha Puteri, Daito (2020) KESINONIMAN VERBA BERAFIKS DALAM BERITA POLITIK DI SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI DESEMBER 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DAITO.pdf

Download (8MB)

Abstract

MIAKARA SOLECHA PUTERI, DAITO. 2020. “Kesinoniman Verba Berafiks dalam Berita Politik di Surat Kabar Suara Merdeka edisi Desember 2018 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Agus Riyanto, M.Pd. Kata Kunci : Jenis Afiks, Kesinoniman Verba Berafiks, dan Implikasi Pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan fungsi kesinoniman verba berafiks dalam berita politik edisi Desember 2018, serta mendeskripsikan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber pada surat kabar Suara Merdeka edisi Desember 2018. Dalam penelitian ini identifikasi yang dilakukan dengan menyimak setiap penggalan tuturan atau kalimat pada wacana berita politik dalam surat kabar Suara Merdeka . Teknik yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif. Dalam penelitian ini dideskripsikan makna dan fungsi kesinoniman verba berafiks dalam berita politik di surat kabar Suara Merdeka edisi Desember 2018 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kesinoniman verba berafiks dalam berita politik di surat kabar Suara Merdeka edisi Desember 2018, prefiks terdapat 26 data dari 30 wacana yang diteliti, sementara sufiks terdapat 1 data dan konfiks 3 data. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada siswa SMA kelas XII semester ganjil KD 4.1. Menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar tentang jenis afiks, makna dan fungsi kesinoniman verba berafiks. Bagi guru sebagai referensi dalam pembelajaran makna teks berita.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Daito Miakara Solecha puteri
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:42
Last Modified: 12 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item