PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP BERDASARKAN ASAS AKURASI

INDAH SARI, DWI NUR (2020) PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP BERDASARKAN ASAS AKURASI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
DWI NUR INDAH SARI ( 5116500061 ).pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam rangka terdaftarnya seluruh bidang tanah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemerintah telah merencanakan program percepatan Pendaftaran Tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap sampai dengan tahun 2025.Dasar hukum pelaksanaan PTSL adalahInstruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan NasionalRepublik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap berdasarkan asas akurasi. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap berdasarkan asas akurasi. Jenis penelitian adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan menggunakan metode pendekatanyuridis normatif, teknik pengumpulan datanya melalui studi kepustakaan dan lapangan dan dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap berdasarkan asas akurasi, dalam pelaksanaannya Badan Pertanahan Nasional sudah menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Namun dalam pelaksanaannya masih dijumpai hambatan dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, baik dalam data fisik maupun data yuridis. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Pendaftaran Tanah pertama kali, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Asas Akurasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Dwi Nur Indah Sari
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:42
Last Modified: 12 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item