IMPLIKASI LARANGAN KEPEMILIKAN TANAH ABSENTEE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1960 TENTANG POKOK-POKOK AGRARIA

EKA FIANI, WIWI (2020) IMPLIKASI LARANGAN KEPEMILIKAN TANAH ABSENTEE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1960 TENTANG POKOK-POKOK AGRARIA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
WIWI EKA FIANI ( 5116500214 ).pdf

Download (863kB)

Abstract

Tanah adalah aset bangsa Indonesia yang merupakan modal dasar menuju masyarakat adil dan makmurSalah satu masalah tentang agraria atau tanah yang masih “kontroversi” adalah masalah tentang kepemilikan tanahAbsentee(Guntai), yang dimaksud dengan tanah Absentee adalah kepemilikan tanah yang dimiliki oleh seorang sedangkan orang tersebut tidak berdomisili di tempat tanah tersebut berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kedudukan tanah Absentee berdasarkan Undang-Undang Nomor 5Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria dan Untuk mengkajiimplikasi larangan kepemilikan tanah Absentee berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang pokok-pokok Agraria terhadap tanah yang dimiliki secara Absentee.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Library Research pendekatan yang di gunakan adalah metode pendekatan Yuridis Normatif.Teknik pengumpulan datanya menggunakan Metode Dokumentasi Yaitu metode pengumpulan data yang berasal dari dokumen, catatan, literatur-literatur dan peraturan-peraturan hukum yang ada hubungannya dengan obyek penelitian.dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil Penelitian ini menunujukan bahwa Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria, tidak mengizinkan kepemilikan tanahsecara Absentee, dengan alasan kepentingansosial dan perlindungan tanah. Dikahwatirkanjika kepemilikan tanah secara Absentee tidak diolah akan menjadi terlantar atau tidak produktif oleh karena pemiliknya jauh. Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa,akademisi,praktisi,dan semua pihak yang membutuhkan di lingkunagn Fakultas Hukum Universitas Tegal. Kata Kunci : Implikasi Larangan Kepemilikan,Tanah Absentee,Pokok-Pokok Agraria.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Wiwi Eka Fiani
Date Deposited: 12 Feb 2020 09:03
Last Modified: 12 Feb 2020 09:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item