ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH RORO IRENG DALAM LAKON “RORO IRENG” KARYA NURHIDAYAT POSO DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA

Octaviani, Veny (2020) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH RORO IRENG DALAM LAKON “RORO IRENG” KARYA NURHIDAYAT POSO DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI VENY OCTAVIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Octaviani, Veny. 2020.”Analisis psikologis sastra Tokoh Roro Ireng dalam Lakon Roro Ireng karya Nurhidayat Poso dan implikasinya terhadap pembelajaranya di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd. Kata Kunci : Psikologis Sastra, Naskah, Pembelajaran Sastra Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisis psikologis Tokoh Roro Ireng dalam Lakon “Roro Ireng”karya Nurhidayat Poso dan mendeskripsikan Implikasi Pembelajaran Analisis PsikologisTokoh Roro Ireng dalam Lakon “Roro Ireng” karya Nurhidayat di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif, sumber datanya adalah Lakon RoroIreng karya Nurhidayat Poso. Wujud data penelitian ini berupa atas cuplikan Dialog dari tokoh Roro Ireng dan beberapa tokoh yang lain, dialog pada Tokoh Roro Ireng dalam lakon RoroIreng Nurhidayat Poso yang menggambarkan Psikologi dalam tokoh Roro Ireng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pendeskripsian dipergunakan untuk mengetahui semua tujuan diadakan penelitian, langkah-langkah yang digunakan dengan menggunakan metode sebagai berikut. Pertama, membandingkan antara data yang satu dengan yang lain, kemudian yang kedua adalah pengelompokan data sesuai dengan kategori yang ada untuk memudahkan analisis data selanjutnya. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa (1) dalam lakon Roro Ireng sang Tokoh Roro ireng banyak sekali mengalami bentuk-bentuk konflik psikologis dari tokoh Tokoh utama Roro Ireng berupa sakit hati, kecemasan, tumbuh menjadi wanita yang kasar, dan pertentangan serta klasifikasi emosi lainya seperti Rasa bersalah yang dipendam,menhukum diri sendiri, kesedihan,Rasa malu, Kebencian dan Cinta yang di rasakan oleh Tokoh Roro Ireng. (2) struktur yang terdapat dalam Lakon RoroIreng karya Nurhidayat posomeliputi tema, tokoh, latar serta alur. Sebenarnya lakon ini sangat menarik sekali karna ditulis oleh seniman lokal di kota tegal, sehingga novel tersebut sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pelajaran di SMA menggunakan Kompetensi Dasar 7.1 Mengidentifikasi unsur Intrinsik Teks Drama. Implikasi bagi pembelajaran sastra di sekolah adalah memberikan warna baru tersendiri yang terdapat dalam naskah ini, perlu diketahui untuk membaca naskah ini perlu pendampingan khusus dari sang guru karna bahasa yang digunakan kurang sesuai namun naskah ini sangat unik sekali karna syarat akan ilmu kehidupan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nn veny octaviani munawaroh
Date Deposited: 13 Feb 2020 00:59
Last Modified: 13 Feb 2020 00:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item