Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes Dalam Pengelolaan obyek wisata Mangrove Pandansari untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Azra Fadila Prabowo, Azra Prabowo (2020) Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes Dalam Pengelolaan obyek wisata Mangrove Pandansari untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI AZRA FULL FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nama: Azra Fadila Prabowo, NPM: 2115500013, Judul Skripsi :”Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes Dalam Pengelolaan Obyek Wisata Mangrove Pandansari Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Obyek wisata mangrove pandansari ini merupakan obyek wisata unggulan yang berada di dukuh pandansari desa Kaliwlingi kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Keunggulan yang dihasilkan dari obyek wisata mangrove pandansari adalah daya tarik wisata hutan mangrove yang tubuh di pesisir pantai utara (pantura). Keutamaan tanaman mangrove yang dijadikan obyek wisata tidak semua dimiliki oleh sebagian wilayah di jawa tengah. Faktanya obyek wisata hutan mangrove di jawa tengah tidak banyak berkembang. Oleh karena itulah keunggulan tersebut harus di dukung dengan daya pengelolaan yang maksimal. Agar potensi obyek wisata mangrove yang diharapkan dapat menjadi potensi wisata yang dapat di unggulkan di kabupaten Brebes. Dapat berkembang dan di kelola dengan baik oleh pemerintah daerah kabupaten Brebes melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes. Maka dari itu ada empat peranan dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Brebes, yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Yaitu dengan tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dengan beberapa informan yaitu di antaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, Pengelola obyek wisata mangrove pandansari, pengunjung, dan masyarakat sekitar obyek wisata mangrove pandansari. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan yang dilakukan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten brebes tidaklah maksimal. Banyak kekurangan dalam setiap tahapnya, mulai dari tahap perencanaan, pengeorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Tentunya ini akan menjadi tugas utama dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Brebes untuk mulai memaksimalkan perenan dinas kabudayaan dan pariwisata kabupaten Brebes agar obyek wisata mangrove pandansari dapat berkembang dan menjadi obyek wisata yang unggulan di kabupaten Brebes. Kata Kunci : Peranan, Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Tuan Azra Fadila Prabowo
Date Deposited: 13 Feb 2020 00:59
Last Modified: 13 Feb 2020 00:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item