ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN VARIABLE COSTING TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL PADA INDUSTRI LOGAM PT. KARYA PADUYASA

Septiyanti, Santi (2019) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN VARIABLE COSTING TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL PADA INDUSTRI LOGAM PT. KARYA PADUYASA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_ FULL_SANTI_4315500151.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Variable Costing Terhadap Penentuan Harga Jual Pada Industri Logam PT. Karya Paduyasa.Perkembangan ekonomi di Indonesia semakin ketat dengan banyaknya persaingan industri – industri baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen perusahaan yaitu pengambilan keputusan dalam menentukan harga pokok produksi dan harga jual suatu produk yang dihasilkan. Kesalahan perhitungan harga jual akan mengakibatkan kerugian bagi pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode variable costing sebagai penentu harga jual pada PT. Karya Paduyasa. 2) Mengetahui pengaruh perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode variable costing dalam penentuan harga jual. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif mengenai perhitungan harga pokok produksi dan harga jual dengan jenis penelitian deskriptif.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode comparative, yaitu penelitian yang bersifat membandingkan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan antara perhitungan dari perusahaan dengan perhitungan metode mark – up pricing dengan pendekatan variable costing. 2) Pengaruh perhitungan harga pokok produksi menujukkan perbedaan selisih harga, dimana perusahaan belum memasukkan biaya non produksi saat menghitung harga jual. Kata Kunci : Harga pokok produksi, harga jual, variable costing.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Santi Septiyanti
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:43
Last Modified: 13 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item