KEPRIBADIAN TOKOH PEREMPUAN PADA NOVEL CINTA DALAM 99 NAMA-MU KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Nurmayasari, Fika (2020) KEPRIBADIAN TOKOH PEREMPUAN PADA NOVEL CINTA DALAM 99 NAMA-MU KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI FIKA NURMAYASARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NURMAYASARI, FIKA. 2020. Kepribadian Tokoh Perempuan pada Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : Kepribadian, Novel, dan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kepribadian perempuan pada novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia, dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah keribadian tokoh perempuan dalam novel. Sumber data yang digunakan berasal dari novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia. Wujud datanya berupa kutipan kalimat atau wacana yang terdapat dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia. Dalam penelitian ini identifikasi dilakukan dengan cara meneliti ulang data yang diperoleh. Teknik yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang kepribadian tokoh perempuan dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 28 kutipan data yang menampilkan perwatakan tokoh perempuan. Hasil analisis kepribadian tokoh perempuan pada novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia memiliki 30 kutipan data yang terbagi tiga jenis psikologi kepribadian menurut Sigmund Freud, yaitu (1) id terdapat 11 kutipan data dengan persentase 36,7%, (2) ego terdapat 4 kutipan data dengan persentase 13,3%, dan (3) superego terdapat 15 kutipan data dengan persentase 50%. Implikasi pembelajaran novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia dapat diterapkan dalam pembelajaran di SMA kelas XII semester genap yaitu KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Peserta didik dapat diminta menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik, khususnya pada kepribadian tokoh perempuan pada novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia. Peserta didik juga dapat menemukan pesan moral yang terdapat dalam novel, kemudian menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Berdasarkan simpulan di atas, maka diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi peserta didik untuk belajar mengenai kepribadian, bagi guru dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran sastra yang menarik untuk meningkatkan keterampilan peserta didik, dan bagi peneliti dapat dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya tentang kepribadian dalam sastra guna menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Fika Nurmayasari
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:10
Last Modified: 13 Feb 2020 04:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item