ANALISA DAYA OUTPUT SISTEM PENGISIAN BATERAI PADA SEPEDA MOTOR HYBRID DENGAN VARIASI PUTARAN RODA PENGGERAK MOTOR LISTRIK BERBASIS ARDUINO

ikhwan, falaq (1994) ANALISA DAYA OUTPUT SISTEM PENGISIAN BATERAI PADA SEPEDA MOTOR HYBRID DENGAN VARIASI PUTARAN RODA PENGGERAK MOTOR LISTRIK BERBASIS ARDUINO. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti.

[img] Text
JURNAL IKHWAN pdf.pdf

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Ikhwan Falaq. 2020. Analisa Daya Output Sistem Pengisian Baterai Pada Sepeda Motor Hybrid Dengan Variasi Putaran Roda Penggerak Motor Listrik Berbasis Arduino. Laporan Skripsi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perubahan energi mekanik menjadi energi listrik yang terjadi pada sepeda motor hybrid, yang selanjutnya akan dianalisa berapa besarnya daya output yang dihasilkan dari putaran roda penggerak motor listrik sesuai putaran yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui perubahan yang terjadi dari suatu variabel yang akan diteliti. Dimana teknik pengambilan sempel yang akan dilakukan dalam penelitian ini dengan menguji sepeda motor hybrid berdasarkan variasi putaran roda penggerak motor listrik pada 400 rpm, 500 rpm, dan 600 rpm, selanjutnya data-data yang diperoleh setelah melakukan pengujian akan diolah sesuai dengan rumus yang telah ditentukan untuk mengetahui berapa daya output dan waktu pengisian yang didapatkan oleh sepeda motor hybrid untuk kemudian dilakukan analisa untuk mengetahui berapa daya output dan waktu pengisian yang dihasilkan paling baik diantara pengujian pada putaran 400 rpm, 500 rpm dan 600 rpm. Setelah melakukan pengujian terhadap sepeda motor hybrid, hasil dari penelitian ini menunjukan perubahan energi mekanik menjadi energi listrik terjadi pada saat kendaraan melaju dengan motor bensin dan motor listrik menghasilkan arus listrik akibat dari putaran yang terjadi pada motor listrik. Selain itu, waktu pengisian baterai paling cepat mencapai waktu selama 55,8 menit pada putaran 600 rpm dan daya output terbesar didapatkan pada putaran 600 rpm yaitu sebesar 665,27 Watt. Sedangkan untuk jarak yang dapat ditempuh dengan bahan bakar 100 ml, motor bensin dapat mencapai jarak tempuh 3,3 km, dan sepeda motor hybrid mencapai jarak tempuh 4,1 km. Kata Kunci : Daya Output, Putaran, Energi, Hybrid.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ikhwan Falaq Falaq
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:40
Last Modified: 13 Feb 2020 04:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item