ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MINAT BERWIRAUSAHA MARTABAK DI KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lebaksiu Lor, Lebaksiu Kidul, dan Kajen)

ROSADI, FITRA (2020) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MINAT BERWIRAUSAHA MARTABAK DI KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lebaksiu Lor, Lebaksiu Kidul, dan Kajen). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI FITRA ROSADI 1315500019.pdf

Download (4MB)

Abstract

ROSADI, FITRA. 2019. Judul Skripsi “Analisis Faktor Penghambat Minat Berwirausaha Martabak Di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.” Pembimbing I. Neni Hendaryati, M.Pd. Pembimbing II. Dr. Hj. Dewi Apriani Fr.M.M. Kata Kunci : Faktor penghambat, Minat berwirausaha. Pokok permasalahan pada penelitian ini tentang faktor penghambat minat masyarakat dalam berwirausaha Martabak di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat minat berwirausaha khususnya pada wirausaha Martabak. Objek penelitian adalah di Kecamatan Lebaksiu yang terbagi menjadi 17 Desa, peneliti menggunakan sample 3 Desa yaitu Desa Lebaksiu lor, Lebaksiu kidul dan Kajen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa faktor-faktor penghambat dalam berwirausaha Martabak ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sifat pribadi, permodalan, pengalaman dan pengendalian bisnis usaha sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan, Mancari lokasi tempat berjualan dan promosi ke media massa Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan sebelum berwirausaha Martabak lebih baik mempelajari bagaimana cara mengelola bisnis Martabak yang benar dari seseorang yang sudah berpengalaman menekuni bisnis usaha Martabak. Tetap mempertahankan kualitas mutu Martabak yang dihasilkan, tingkatkan promosi ke media massa, diharapkan dapat serius dan fokus dalam bisnis usaha Martabak agar menjadi berkembang pesat, sehingga bisa untuk membuat cabang Martabak yang banyak dan juga bisa merekrut karyawan guna mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: fitra rosadi .
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:07
Last Modified: 13 Feb 2020 06:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item