KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NASKAH MONOLOG “AENG” KARYA PUTU WIJAYA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

mokhamad khanif risqi, hanif (2020) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NASKAH MONOLOG “AENG” KARYA PUTU WIJAYA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, universitas pancasakti tegal.

[img] Text
skripsinya hanif uploud.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RISQI, MOKHAMAD KHANIF. 2019. “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Naskah Monolog “Aeng” Karya Putu Wijaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Konflik Batin, Naskah Monolog, Pembelajaran Sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam naskah monolog “Aeng” karya Putu Wijaya, serta mendeskripsikan implikasi pembelajaran konflik batin tokoh utama dalam naskah monolog “Aeng” karya Putu Wijaya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif, sumber datanya adalah naskah monolog “Aeng” karya Putu Wijaya yang menggambarkan tentang konflik batin tokoh utama. Wujud data dalam penelitian ini adalah cuplikan dialog yang terdapat pada naskah monolog “Aeng” karya Putu Wijaya yang di dalamnya terdapat konflik batin tokoh utama. Naskah monolog “Aeng” menceritakan tentang tokoh Alimin sebagai seseorang yang tersingkirkan dari makna kehidupan. Ia menyaksikan bagaimana ayahnya kerap memukuli ibunya dan hal inilah yang secara tidak langsung membentuk sifat temperamental Alimin. Kehidupan Alimin sebagai tokoh utama dipenuhi dengan kebencian dan dendam. Banyaknya konflik dalam tokoh utama merupakan penunjang utama dalam penelitian ini. Akan tetapi sebelum membahas topik utama pada naskah drama monolog “Aeng” karya Putu Wijaya penulis akan memaparkan unsur-unsur pembangun cerita dalam naskah drama monolog “Aeng” karya Putu Wijaya terlebih dahulu oleh karena itu berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan 29 data yang dapat menunjukan unsur-unsur pembangun cerita, serta ada 13 data yang menunjukan konflik batin tokoh utama dalam naskah drama monolog “Aeng” karya Putu Wijaya. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar tentang unsur-unsur pembangun cerita serta konflik batin tokoh utama dalam sebuah naskah drama, bagi guru diharapkan penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran drama.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: mokhamad khanif risqi
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:00
Last Modified: 13 Feb 2020 08:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item