FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SAK EMKM PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) (Studi kasus pada pengrajin batik di Kota Tegal)

Rizkhi candra yuniarto, Riski (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SAK EMKM PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) (Studi kasus pada pengrajin batik di Kota Tegal). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi ceye.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengetahui pengaruh dari pendidikan pemilik, motivasi pemilik, Sosialisasi SAK EMKM dan persepsi pelaku UMKM terhadap penerapan SAK EMKM pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) studi kasus pada pengrajin batik Kota Tegal. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 50 pelaku UMKM Pengrajin batik di Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel mengunakan sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan pemilik, motivasi pemilik, sosialisasi SAK EMKM, dan persepsi pelaku UMKM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penerapan SAK EMKM dengan nilai signifikan 0,000. Pendidikan pemilik tidak berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM dengan nilai signifikan 0,306, motivasi pemilik tidak berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM dengan nilai signifikan 0,074, sosialisasi SAK EMKM berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM dengan nilai signifikan 0,008 Dan persepsi pelaku UMKM berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM dengan nilai signifikan 0,000. Kata kunci: pendidikan pemilik, motivasi pemilik, sosialisasi SAK EMKM, persepsi pelaku UMKM dan SAK EMKM

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Rizkhi Candra Yuniarto
Date Deposited: 14 Feb 2020 00:54
Last Modified: 14 Feb 2020 00:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item