DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA KEDUNGBUNGKUS KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus CV RBM Susu Nusantara)

febrianto, dhimas baagus (2020) DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA KEDUNGBUNGKUS KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL (Studi Kasus CV RBM Susu Nusantara). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi siap lulus 100 %-dikonversi (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Febrianto, Dhimas Bagus. 2020. Judul Skripsi “Dampak Industrialisasi Terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Kedungbungkus Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal (studi kasus CV RBM Susu Nusantara )“ Pembimbing I. Neni Hendaryati, M.Pd. Pembimbing II. Dr.H. Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci : Dampak Industrialisasi Pokok permasalahan pada penelitian ini tentang kontribusi dan dampak industrialisasi terhadap kehidupan masyrakat Desa Kedungbungkus, tujuannya untuk mengetahui kontribusi dan dampak apa saja yang ditimbulkan oleh industrialiasasi. Objek penelitian adalah di CV RBM Susu Nusantara yang berada di Desa Kedungbungkus Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa ada dampak negatif dan positif yang ditimbulkan antara lain :1).Masyarakat terbantu,2).Terbukanya lapangan pekerjaan dan kesehjahteraan masyarakat meningkat. Dampak negatif yang juga dirasakan masyarakat antara lain : 1). Kotornya lingkungan sekitar pabrik, 2.) Peralihan mata pencaharian masyarakat 3). Kontribusi pabrik yang tidak merata dirasakan masyarakat Desa Kedungbungkus, serta kontribusi dengan 4 aspek diantaranya: sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan. Aspek sosial yaitu pemberian santunan kepada masyarakat kurang mampu, aspek budaya yaitu merubah mata pencaharian sekitar pabrik dan bantuan ketika ada acara desa, aspek ekonomi yaitu membuka lowongan pekerjaan dan aspek lingkungan yaitu penanaman pohon untuk melestarikan lingkungan Desa Kedungbungkus. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan seharusnya pihak CV RBM Susu Nusantara lebih memperhatikan keluhan dan harapan masyarakat serta tidak membeda-bedakan pemerataan kontribusi yang diberikan kepada masyarakat Desa Kedungbungkus.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: dhimas dhimas bagus
Date Deposited: 14 Feb 2020 05:57
Last Modified: 14 Feb 2020 05:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item