KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (Suatu Penelitian di SMA Ihsaniyah Kota Tegal pada Materi Pokok Statistika Kelas X Semester II Tahun Ajaran 2023/2024)

SHABIYYA FAYZA RAMADHANI, . (2024) KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (Suatu Penelitian di SMA Ihsaniyah Kota Tegal pada Materi Pokok Statistika Kelas X Semester II Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - shabiyya fayza.docx

Download (525kB)
[img] Text
BAB 4-BAB 5 - shabiyya fayza.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
DAKPUS-LAMPIRAN - shabiyya fayza.docx

Download (3MB)

Abstract

RAMADHANI, SHABIYYA FAYZA. 2024. Keefektifan Lembar Kerja Peserta aaaaaaaaaDidik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berbasis aaaaaaaaaRealistic Mathematic Education (Suatu Penelitian di SMA Ihsaniyah aaaaaaaaaKota Tegal pada Materi Pokok Statistika Kelas X Semester II Tahun aaaaaaaaaAjaran 2023/2024). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan aaaaaaaaadan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II : Dr. Munadi Kata Kunci : Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education, Statistika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode post-test only control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 115 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 siswa diambil dari kelas X-3 dan X-4. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak. Sebelum dilakukan uji analisis data maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan pemhaman konsep matematika. Dengan hasil perhitungan diperoleh t_hitung=1,934 dan t_(tabel )=1,667 dengan α=5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education lebih efektif daripada lembar kerja peserta didik berbasis konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:14
Last Modified: 03 Oct 2024 01:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item