PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika)

MUHAMMAD ABDURRAHMAN AMARULLAH, . (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
M.A.Amarullah-PMAT-1720600031-(Cover-BAB 3) - Abdurrahman Amarullah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
M.A.Amarullah-PMAT-1720600031-(Bab 4 & Bab 5) - Abdurrahman Amarullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
M.A.Amarullah-PMAT-1720600031-(Dapus & Lampiran) - Abdurrahman Amarullah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amarullah, Muhammad Abdurrahman. 2024. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VIII Semester Genap SMP N 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Paridjo Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi W., M. Pd. Kata Kunci : Pengaruh, Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, SMP Negeri 1 Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) adanya pengaruh model discovery learning dengan pendekatan TaRL terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, 2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan TaRL lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil menggunakan purposive sampling, didapatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan Regresi Dummy & Uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning dengan pendekatan TaRL terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, 2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan TaRL lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:15
Last Modified: 03 Oct 2024 01:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item