Perancangan mekanisme penggerak sepeda amfibi

Adi, Didi (2020) Perancangan mekanisme penggerak sepeda amfibi. Skripsi thesis, Unifersitas pancasakti tegal.

[img] Text
full skripsiKu.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Didi Supriadi, 2020 ”PERANCANGAN MEKANISME PENGGERAK SEPEDA AMFIBI” Laporan Proyek Akhir Jenjang Strata I, Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah perancangan mekanisme penggerak sepeda amfibi pada saat di gunakan di air, kontruksi mekanisme penggerak sepeda amfibi, untuk mengetahui berapa rpm yang di dapat, dan ukuran bahan yang akan di gunakan, Dalam perancangan ini menggunakan metode eksperimen. komponen yang di gunakan yaitu mesin bensin, puli, kelaher duduk, poros dan baling-baling, kemudian untuk perancangan ini perancang menghitung kecepatan, besar puli yang di gunakan, menentukan tipe sabuk-V, menentukan besar poros yang akan di gunakan. Setelah melakukan perancangan perancang memperoleh hasil perhitungannya adalah Daya motor penggerak 4 HP, Putaran motor bensin 2100 rpm, Diameter puli 1 adalah 4cm, Diameter puli 2 adalah 8cm, Putaran puli 2 adalah 1050 rpm, Rasio putaran puli 1 : 2, Besar poros yang di dapat 13,45, Tipe sabuk-V yang di guakan Sabuk-V tipe (A), Ukuran tipe sabuk A yang di gunakan adalah lebar 12,5mm, tinggi 9mm dan subu sudut sabuk 40, Hasil perhitungan sumbu poros (C) 278mm, Hasil perhitungan keliling sabuk (L) 746mm, Saran dari perancangan mekanisme penggerak sepeda amfibi kita harus mengetahui rumus yang akan di gunakan supaya kita mengetahui lebih detail tentang ukuran bahan yang memenuhi setandar penggunaan. Kata Kunci : sepeda amfibi, sistem penggerak, perhitungan putaran ABSTRACT Didi Supriadi, 2020 "DESIGN OF AMFIBI BIKE MOVEMENT MECHANISM" Report of the Final Strata I Level Project, Mechanical Engineering Faculty of Engineering, Pancasakti University, Tegal University 2020. The purpose of this study is to design an amphibious bicycle driving mechanism when used in water, the construction of an amphibious bicycle driving mechanism, to find out how much rpm can be obtained, and the size of the material to be used, In this design using the experimental method. the components used are gasoline engines, pulleys, seated fenders, shafts and propellers, then for this design the designer calculates the speed, the amount of pulleys used, determines the type of V-belt, determines the size of the shaft to be used. After doing the design, the designer gets the calculation results are 4 HP motor drive power, 2100 rpm gasoline motor rotation, pulley diameter 1 is 4cm, puli diameter 2 is 8cm, pulley rotation 2 is 1050 rpm, pulley rotation ratio 1: 2, shaft size at get 13.45, V-type belt in use V-belt type (A), the size of the type of belt A used is 12.5mm width, 9mm height and subu belt angle 40 °, Calculation of shaft axis (C) 278mm , Calculation of belt circumference (L) 746mm, Suggestions from the design of amphibious bicycle drive mechanism we must know the formula that will be used so that we know in more detail about the size of the material that meets the standard of use. Keywords: amphibious bicycle, drive system, rotation calculation

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin
Depositing User: didi supri adi
Date Deposited: 14 Feb 2020 00:56
Last Modified: 10 Jan 2023 01:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item