PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DALAM MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI TRANSLASI TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL (Studi Penelitian Kuantitatif pada Kelas XI Fase F Siswa SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2023/2024)

Aenu Rizqiana, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DALAM MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI TRANSLASI TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL (Studi Penelitian Kuantitatif pada Kelas XI Fase F Siswa SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab 3 - Aenu Rizqiana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4-5 - Aenu Rizqiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
Dapus-Lampiran - Aenu Rizqiana.pdf

Download (4MB)

Abstract

AENU, RIZQIANA. 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented reality dalam Materi Transformasi Geometri Translasi terhadap Kemampuan Spasial (Studi Penelitian Kuantitatif pada Kelas XI Fase F Siswa SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2023/2024)”. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani M.Si, M.Pd Pembimbing II : Dr. Paridjo, M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran Augmented reality, Kemampuan Spasial, Pembelajaran Matematika, Translasi Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran augmented reality dalam pengajaran matematika dapat berkontribusi pada pencapaian ketuntasan kemampuan spasial siswa, mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan spasial siswa setelah terlibat dalam pembelajaran tersebut, serta menganalisis secara mendalam dampak penerapan media pembelajaran augmented reality. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre- Experimen One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data hasil tes tersebut sudah diuji validasitas, relibilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji paired test, uji proporsi, uji n-gain score, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) media pembelajaran augmented reality memberikan ketuntasan terhadap kemampuan spasial, 2) ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan spasial setelah diberikan treatment media pembelajaran augmented reality, 3) ada pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap kemampuan spasial. vi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:08
Last Modified: 08 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9546

Actions (login required)

View Item View Item