PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL

Fani Umaya, Dila (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DILA FANI UMAYA (1315500011).pdf

Download (4MB)

Abstract

UMAYA, DILA FANI. 2019.“ Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Uiversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi M.Pd Pembimbing II : Dr. Hj Dewi Apriani Fr, M.M Kata Kunci : kesiapan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional berganda, yaitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel atau lebih. Adapun jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana penelitian menggunakan angka-angka pengolahan statistik.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. yang difokuskan pada 90 sampel yang diambil secara keseluruhan dari 90 siswa kelas XI. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan nilai mata pelajaran ekonomi. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong. (3) kesiapan belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal baik secara parsial maupun simultan. Adapun saran yang diajukan untuk sekolah diharapkan guru mampu memberikan sumbangan pikiran dalam menengani masalah prestasi belajar siswa terkait kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojong dan bagi siswa dengan melakukan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang baik berupa prestasi yang memuaskan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dila Fani Umaya
Date Deposited: 14 Feb 2020 00:54
Last Modified: 14 Feb 2020 00:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item