PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH KAPITA SELEKTA BAHASA INDONESIA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Khusnul, Khotimah and syamsul, anwar PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH KAPITA SELEKTA BAHASA INDONESIA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. HAKI ARTIKEL. ISSN 000134755

[img] Text
FIILE HKI COMBINE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata kuliah kapita selekta pada mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal semester VI mengalami hambatan dalam proses pembelajaraannya. Maka perlu adanya penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran kapita selekta bahasa Indonesia pada mahasiswa semester VI PBSI Universitas Pancasakti Tegal melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portfolio Based Learning). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran kapita selekta bahasa Indonesia mahasiswa prodi PBIn Universitas Pancasakti Tegal semester VI kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Jumlah populasi sampel 46 mahasiswa dengan tiap-tiap kelas berjumlah 23 mahasiswa. Tes diadakan sebelum mahasiswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan dari uji yang telah dilakukan untuk melihat tingkat keefektifan model pembelajaran portofolio dalam meningkatkan hasil belajar kapita selekta bahasa Indonesia maka diperoleh simpulan yaitu hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t dilakukan pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan, dk = (N1-1)+(N2-1), diperoleh thitung = 13,47 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada diperoleh hasil yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa model portofolio efektif dalam pembelajaran Kapita Selekta Bahasa Indonesia mahasiswa kelas VI PRODI Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Tegal.

Item Type: Article
Additional Information: Artikel ini diHAKI kan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Samsul Anwar
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:34
Last Modified: 27 Aug 2019 02:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item