Prayoga Legawa, Prayoga (2020) PERSPEKTIF GENDER DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA BUYA HAMKADAN IMPLIKASI PEMBELAJARANYA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Legawa, Prayoga. 2019Perspektif Gender Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka Dan Implikasi Pembelajaranya Di Sma .. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I:Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd Kata Kunci : Perspekif Gender, Novel dan Implikasi Pembelajaran Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1)tokoh dan penokoan dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka.(2) mendeskripsikan analisis gender dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka. (3) mendeskripsikan implikasi aspek gender terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka.Wujud data dalam penelitian ini yaitu penggelan wacana atau paragraf. terdapat dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil akhir analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif yaitu mengkaji aspek gender dalam novel. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) tokoh dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka terdiri dari tokoh utama dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka yaitu Hayati, Zaenuddin dan beberapa tokoh tambahan yaitu Mak Base, Azis, Khadijah. (2) analsis aspek gender dlm novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka yaitu sebagai berikut (3)Implikasi dalam pembelajaran pembelajaran sastra di SMA yang tertuang dalam dalam KD 4.3 Kelas XII Semester II yaitu Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan dengan indikator menganalisis isi (unsur-unsur novel) terutama unsur ekstrinsik karena konformitas berhubungan dengan unsur ekstrinsik. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik hendaknya memahami tokoh serta watak yang bertujuan untuk mengetahui pemahamaan gender elalui sastra.Bagi guru diharapkan dapat membangkitkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. ABSTRACT Legawa, Prayoga. 2019Perspektif Gender in the Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka and the Implication in the teaching and learning in Senior High School. Thesis Indonesian Language and Literature Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti Tegal University. Advisor I :.Tri Mulyono, M.Pd. Advisor II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd Keywords: Gender Perspective, Novel and Learning Implications This study aims to describe (1) the characters and shops in the novel Van Der Wijck's Sinking by Buya Hamka, (2) describe the gender analysis in the Van Der Wijck's Sinking novel by Buya Hamka. (3) describe the implications of gender aspects on literary learning in high school. The approach used in this study is a qualitative description approach. The source of this research data is the Van Der Wijck Ship Sink by Buya Hamka Ship. The form of data in this research is discourse or paragraphs. contained in the novel Sinking Ship Van Der Wijck by Buya Hamka. Data collection techniques used in this study are reading and note taking techniques. Data analysis techniques in this study used descriptive analysis. The technique of presenting the final results of the analysis used in this study is an objective approach that examines gender aspects in the novel. The results of the study concluded that (1) the characters in the Van Der Wijck Shipwreck novel by Buya Hamka's work consisted of the main characters in the Van Der Wijck Shipwreck novel by Buya Hamka namely Hayati, Zaenuddin and several additional characters namely Mak Base, Azis, Khadijah. (2) analysis of gender aspects in the novel Van Der Wijck's Shipwreck by Buya Hamka's work are as follows (3) Implications in literary learning in high school as contained in KD 4.3 Class XII Semester II namely Analyzing the contents and linguistics of the novel and with indicators analyzing the contents (novel elements) especially extrinsic elements because conformity is related to extrinsic elements. Suggestions in this study are students should understand the characters and characters that aim to find out gender comprehension through literature. For teachers it is hoped that it can arouse students' creativity in the learning process.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perspekif Gender, Novel dan Implikasi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | prayoga prayoga prayoga legawa |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 06:19 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:03 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
View Item |