TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KERETA API DI DAOP 4 SEMARANG PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Tohara, Weros (2020) TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KERETA API DI DAOP 4 SEMARANG PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Weros Kereta Api.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK Tohara, Weros. Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen terhadap Pengguna Jasa Transportasi Kereta Api di DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Skripsi. Tegal: Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Universitas Pancasakti Tegal. 2019. Perlindungan hukum bagi pengguna jasa transportasi sangat penting mengingat pentingnya peran lalu lintas dan angkutan jalan bagi kehidupan orang banyak serta bagi seluruh masyarakat. Pengguna Jasa dalam pengertian tersebut berkaitan erat dengan konsumen yang memiliki hak-hak yang harus dilindungi apabila mengalami kerugian yang ditimbulkan oleh pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui permasalahan dan penyelesaian perlindungan konsumen pengguna jasa kereta api di DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero), (2) Untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi kereta api di DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Jenis penelitian yang digunakan peneliti kali ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian hukum terapan (normative empiris). Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data sekunder sebagai data pendukung dengan metode pengumpulan data dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dianalisa secara normatif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Permasalahan perlindungan konsumen pengguna jasa transportasi kereta api, antara lain: ketidakjelasan informasi jadwal kereta api, kedatangan kereta tidak sesuai dengan jadwal, sarana dan prasarana yang kurang terawat, keamanan dan keselamatan penumpang, dan kecelakaan kereta api. Prosedur penyelesaiannya antara lain: mengajukan keluhan dan menyampaikan saran, konsumen dapat mengajukan gugatan, meminta klaim asuransi apabila terjadi kecelakaan, 2) Bentuk perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi kereta api berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tertuang dalam Pasal 4, dan hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya, yaitu Pasal 7, Pasal 8 ayat (1), Pasal 19, Pasal 23, Pasal 26, Pasal 60, dan Pasal 63. Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa transportasi kereta api berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, antara lain: Fasilitas, Kelaikan operasi sarana perkeretaapian, Penanganan kecelakaan, Penyelenggaraan pengangkutan orang, Tanggung jawab penyelenggara, Hak masyarakat, Sanksi pidana bagi penyelenggara prasarana perkeretaapian. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Pelindungan Konsumen, Pengguna Jasa Transportasi, Kereta Api. ===================================================================================================== ABSTRACT Tohara, Weros. Legal Review of Consumer Protection for Railway Transportation Service Users at DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Skripsi. Tegal: Law Faculty Faculty of Law Study Program, Tegal Pancasakti University. 2019. Legal protection for users of transportation services is very important given the important role of traffic and road transportation for the lives of many people and for the whole community. Service users in this sense are closely related to consumers who have rights that must be protected if they experience losses caused by business actors. This study aims: (1) To find out the problem and the settlement of consumer protection for railroad service users at DAOP 4 Semarang PT. Kereta Api Indonesia (Persero), (2) To find out the form of legal protection for consumers of railroad service users in DAOP 4 Semarang, PT. Kereta Api Indonesia (Persero). This type of research used by researchers this time is field research with an applied legal research approach (normative empirical). The main data sources used in this study are primary data, secondary data as supporting data with documentation data collection methods, literature studies and interviews. Data analysis method used is a qualitative method that is analyzed normatively qualitatively. The results of this study indicate: 1) Problems of consumer protection for users of railroad transportation services, including: unclear train schedule information, train arrival not in accordance with the schedule, poorly maintained facilities and infrastructure, passenger safety and security, and train accidents. The settlement procedures include: filing complaints and submitting suggestions, consumers can file lawsuits, request insurance claims in the event of an accident, 2) Forms of legal protection for consumers using railroad transportation services based on Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, set forth in Article 4 , and rights regulated in the provisions of other laws and regulations, namely Article 7, Article 8 paragraph (1), Article 19, Article 23, Article 26, Article 60, and Article 63. Form of legal protection for consumers of users of transportation services trains based on Law Number 23 Year 2007 concerning Railways, including: Facilities, Operational feasibility of railways facilities, Accident handling, Transportation of people, Organizers' responsibilities, Community rights, Criminal sanctions for railroad infrastructure providers. Based on the results of this study are expected to be material information and input for students, academics, practitioners, and all parties in need in the Faculty of Law, University of Pancasakti Tegal. Keywords: Consumer Protection, Transportation Service Users, Train.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Weros Tohara
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:47
Last Modified: 11 Jan 2023 06:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item