FAUZI, NUR IKHWAN (2020) ANALISA PENGARUH HEAT TREATMENT DAN KROM TERHADAP LAJU KOROSI PADA LEHER KNALPOT SEPEDA MOTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Text
skripsi ikhwan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
skripsi ikhwan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK IKHWAN NUR FAUZI.6415500044:2020.“Analisa Pengaruh Heat Treatment Dan Krom Terhadap Laju Korosi Pada Leher Knalpot Sepeda Motor ”.Proyek penelitian Strata 1, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing SatuFajar Sidiq. ST, MT, Pembimbing DuaSiswiyanti. ST, MT. Daerah pantai merupakan lingkungan yang sangat korosif dikarenakan reaksi logam dengan lingkungan sekitar. Pada kendaraan bermotor terutama pada knalpot yang secara langsung terkena panas yang cukup tinggi akibat dari fungsinya yang sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran. Kondisi ini menantang penyelidikan lebih lanjut terhadap korosi pada leher knalpot serta penanganan dan pencegahan agar leher knalpot bertahan lama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dikumpulkan dari 3 variasi yaitu heat treatment, krom, dan heat treatment + krom. Pengujian ini dilakukan di 5 tempat sebagai berikut: pengujian komposisi di laboratorium Lingkungan Industri Logam Tegal, proses heat treatment di bengkel Universitas Pancasakti Tegal, proses krom di bengkel Universitas Pancasakti Tegal, proses uji korosi di Laboratorium Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan pengujian bending di Laboratorium Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Penelitian ini mengungkapkan bahwa variasi heat treatment dan krom paling baik untuk laju korosi pada leher knalpot yaitu 0,000265 mpy sedangkan variasi yang paling tinggi adalah variasi heat treatment yaitu 0,002305mpy. Ini menunjukkan bahwa pelapisan krom lebih baik daripada heat treatment karena lapisan krom memberikan ketahanan terhadap oksidasi pada suhu tinggi dan tahan terhadap sulfur yang bersifat korosif. Kata Kunci:Korosi, Heat Treatment, Krom, Leher Knalpot -------------------------------------------------------- ABSTRACT IKHWAN NUR FAUZI.6415500044:2020.“Analysis of Corossion Reduction through Heat Treatment and Chrome on Motorcyle Exhaust Neck”.Research project Strata 1, Mechanical Engineering Department of Engineering Faculty, Pancasakti University Tegal. First Advisor Fajar Sidiq. ST, MT, Second Advisor Siswiyanti. ST, MT. Coastal area known as a very corrosive environment because of its metal reaction with the surrounding environment. It occurs on motorized vehicles which is directly exposed to high heat since its function as a sewer of combustion residue. This condition challenges further investigation toward corrosion on exhaust neck and its handling and prevention for the exhaust neck to last a long time. This research uses experimental methode is gathered from 3 different variation: heat treatment, chrome, and heat treatment + chrome. The variation was tested on 5 places such as: composition testing in the Metal Industry Environment laboratory Tegal, heat treatment process in Universitas Pancasakti Tegal workshop, chrome process in Universitas Pancasakti Tegal workshop, corrosion test process in Universitas Gadjah Mada Yogyakarta laboratory, and bending testing in Universitas Gadjah Mada Yogyakarta laboratory. This research reveals that the variation of heat treatment and chrome is better for corrosion rate on the exhaust neck, 0.000265 mpy while the higher variation is heat treatment variation, 0.002305mpy. This shows that chrome coating is better than heat treatment because chrome coat gives a resistance towards oxidation at high temperatures and a resistance towards sulfur which is corrosive. Key words:Corrosion, Heat Treatment, Chrome, Exhaust Neck
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin |
Depositing User: | ST Ikhwan Nur fauzi |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 02:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:09 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1328 |
Actions (login required)
View Item |