MAJAS PERTENTANGAN DALAM LAGU KARYA IWAN FALS PADA ALBUM SUMBANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

GATOT PRIBADI, PATRIOTIK (2020) MAJAS PERTENTANGAN DALAM LAGU KARYA IWAN FALS PADA ALBUM SUMBANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PATRIOTIK GATOT PRIBADI NPM 1514500032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

GATOT, PATRIOTIK PRIBADI, 2019. Majas Pertentangan dalam Lagu Karya Iwan Fals pada Album Sumbang dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Gaya bahasa, lagu, implikasi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan majas pertentangan yang terdapat dalam lirik lagu karya Iwan Fals pada album Sumbang, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunaakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat dengan teknik analis data menggunakan analisis deskriptif, serta penyajian data secara informal agar hasil analisis mudah dipahami atau penyajian data secara verba agar pembaca mengetahui hasil analisis yang telah dikaji. Hasil penelitian ini ditemukan 10 data hiperbola, 3 data litoses, 3 data ironi, 3 data oksimoron, 1 data satire, 2 data klimaks, 2 data sinisme, dan 7 data sarkasme. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat diajarkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yaitu pada semester 2 kelas X dalam pokok bahasan materi teks puisi dengan kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi, menganalisis kata konkret dalam puisi, menganalisis gaya bahasa dalam puisi, menganalisis rima, tipografi, tema, rasa, nada, dan amanat dalam puisi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberi saran kepada pendidik agar dapat menggunakan lagu sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kepada peserta didik, karena dengan menggunakan lagu, peserta didik akan lebih bersemangat dan tidak bosan dalam menjalani kegiatan belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:38
Last Modified: 04 Feb 2022 06:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item