UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF MELALUI LAYANAN RESPONSIF KONSELING SINGKAT (BRIEF COUNSELING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMALAN

Fajarsari, Intan (2020) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF MELALUI LAYANAN RESPONSIF KONSELING SINGKAT (BRIEF COUNSELING) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMALAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fajarsari, Intan.2019. “Upaya Meningkatkan Berpikir Positif Melalui Layanan Responsif Konseling Singkat (Brief Counseling) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco K.W., M.Pd., Pembimbing II: Sesya Dias Mumpuni, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir positif, layanan responsif dan konseling singkat. Pikiran-pikiran negatif yang sering muncul dapat menyebabkan stres, cemas maupun depresi obsesif. Sumber permasalahan berupa pola pikir yang negatif terhadap diri, lingkungan dan masalah yang dihadapi pada hakekatnya merupakan suatu ancaman bagi keberlangsungan hidup sehingga individu perlu mengantisipasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan layanan responsif konseling singkat (brief counseling) pada peserta didik, 2) tingkat berpikir positif sebelum dan sesudah diberikan layanan responsif konseling singkat (brief counseling)efektifitas penggunaan pada peserta didik, dan 3) apakah upaya meningkatkan berfikir positif efektif melalui layanan responsif konseling singkat (brief counseling) pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan designpre-test andpost-test. Populasi penelitian 242, sampel penelitian 10. Alat pengumpulan data berupa: Skala/Angket daninterview. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (pre-test andpost-test one group). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan layanan responsif konseling singkat “brief counseling” pada peserta didik mayoritas dalam kategori tinggi (70%), terlihat dari frekuensi skor tertinggi pada interval 147-153, 2) Tingkat berpikir positif sebelum pelaksanaan layanan responsif konseling singkat “brief counseling” pada peserta didik dalam kategori sangat rendah (10%) Sedangkan tingkat berpikir positif sesudah pelaksanaan layanan responsif konseling singkat “brief counseling” mayoritas dalam kategori tinggi (70%), terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval 147-154, 3) Upaya meningkatkan berfikir positif efektif melalui layanan responsif konseling singkat (brief counseling) pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Pemalang tahun pelajaran 2018/2019, terbukti dari hasil hasil analisis uji-t (pre-test and post-test one group) diperoleh thitung = 4,207 lebih besar dari ttabel = 2,040, maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.. Saran dari penulis diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan kajian bagi guru pembimbing dalam menyelesaikan masalah-masalah peserta didik khususnya dalam hal ini berpikir positif pada peserta didik, penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan layanan responsif di sekolah agar lebih maksimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:26
Last Modified: 04 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item