KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL SABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Pratiwi, Mega Moekti (2020) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL SABTU BERSAMA BAPAK KARYA ADHITYA MULYA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MEGA MOEKTI RATIWI. 2019.“Kepribadian Tokoh Utama pada Novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : kepribadian, novel, pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya; (2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran kepribadian tokoh utama dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kepribadian tokoh utama dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik simak catat. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Kepribadian tokoh utama novel Sabtu Bersama BapakkaryaAditya Mulya memiliki pesan-pesan kehidupan yang mendidik sebagai pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Analisis kepribadian tersebut yang meliputi struktur kepribadian, dinamika kepribadian dan perkembangan kepribadian; (2) Hasilpenelitianini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X semester 2 pada materi kerja sama membangun teks cerita fiksi dalam noveladalah menambah wawasan atau masukan bagi para peminat sastra khususnya para pengajar di sekolah. Wawasan tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa nilai-nilai dalam novel ini dapat diambil atau contoh di dalam pembelajaran sastra di sekolah. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan dan memilih karya-karya yang bermutu, yang pantas untuk diajarkan kepada siswa di sekolah (SMA). Novel ini pantas diajarkan kepada siswa di SMA, karena isi yang terkandung di dalamnya sangat positif. Sifat-sifat yang positif itulah yang pantas untuk dijadikan contoh bagi siswa (pembaca). Dengan membaca novel tersebut para pengajar dapat mengajak siswa untuk berpikir dewasa dan dapat menentukan sikap yang baik. Saran dalam penelitianini, hendaknya peneliti lain menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel karya Adhitya Mulyayang lain. Hasil penelitian tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai materi ajar dalam pembelajaran sastra khususnya pada siswa SMA. ========================================================================================== ABSTRACT MEGA MOEKTI RATIWI. 2019. “Personality of The Main Characters In The Novel Sabtu Bersama BapakbyAdhityaMulyaand Its Implications In Learning Literature In High School”. Thesis. Indonesian Education Thesis. Faculty of Teacher Training and Education. UniversitasPancasaktiTegal. Advisor I: Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Advisor II:Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Keyword : personality, novels, literary learning The objectives of this study are (1) to describe the personality of the main character in the Novel Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya; (2) describe the implications of learning the personality of the main character in the Novel Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya on the study of literature in high school. The approach used is a qualitative approach and descriptive method. The object of research in this study is the personality of the main character in the Novel Sabtu Bersama Bapak. by AdhityaMulya. Data collection techniques in this study used literature and note-taking techniques. Analysis of the data used is a comparative qualitative descriptive analysis technique. The results showed that (1) The personality of the main character of the Novel Sabtu Bersama Bapakby Aditya Mulya had life-educating messages as lessons in daily life. The personality analysis includes personality structure, personality dynamics and personality development; (2) The results of this study can be implicated in the learning of Indonesian in high school class X semester 2 of the collaborative material to build fictional text in novels is to add insight or input for literature enthusiasts, especially teachers in schools. This insight is based on the understanding that the values in this novel can be taken or examples in the study of literature in schools. As a material consideration to determine and choose quality works that are appropriate to be taught to students in schools (high schools). This novel should be taught to students in high school, because the contents contained therein are very positive. These positive qualities are worthy of being made an example for students (readers). By reading the novel the instructors can invite students to think adults and can determine good attitudes. Suggestions in this study, other researchers should analyze the personality of the main character in another novel by AdhityaMulya. The results of these studies can later be used as teaching material in learning literature, especially in high school students.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mega Moekti Pratiwi
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:08
Last Modified: 10 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item