KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP SELF-CONFIDENCE DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel bagi Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020)

Maulana, Akhmad Fatkhi (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP SELF-CONFIDENCE DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel bagi Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
AKHMAD FATKHI MAULANA (1714500006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Maulana, Akhmad Fatkhi. 2020. “Keefektifan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Self-Confidence Dan Prestasi Belajar (Studi Penelitian pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel bagi Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd. Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Self-Confidence, Prestasi Belajar Matematika Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence peserta didik. (2) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) ada perbedaan self-confidence dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence dan prestasi belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester I di SMP Negeri 5 Tegal Pelajaran 2019/2020 sebanyak 182 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 152 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan taraf signifikan 5% yaitu uji t satu pihak kanan, uji Manova satu jalan, dan uji τ2 – Hotelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Model pembelajaran Two Stay Two Tray lebih efektif dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap self confidence peserta didik. (2) Model pembelajaran Two Stay Two Tray lebih efektif dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) Ada perbedaan self-confidence dan prestasi belajar antara Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model konvensional. (4) Model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap self-confidence dan prestasi belajar matematika pada meteri pokok persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:16
Last Modified: 03 Feb 2022 06:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item