EFEKTIVITAS METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DENGAN LEVEL A2 TERHADAP TINGKAT KESIAPAN BELAJAR SISWA

  • Desi Dwi Jayanti
  • Eleonora Dwi W
  • Wikan Budi U
Keywords: Metode Rekreasi Matematika Detik Level A2, Kesiapan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: adanya efektivitas metode rekreasi matematika detik dengan level A2 terhadap tingkat kesiapan belajar siswa pada pembelajaran materi pokok polinomial. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI MIA SMA Al-Irsyad Kota Tegal sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Selain itu untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji Anava dan Independent Sample T Test. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat kesiapan belajar siswa antara yang menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 dengan yang menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05. Berdasarkan penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kesiapan belajar siswa pada metode rekreasi matemaatika detik dengan level A2 lebih efektif dari tingkat kesiapan belajar siswa pada metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode rekreasi matematika detik dengan level A2 efektif terhadap peningkatan kesiapan belajar siswa kelas XI MIA SMA Al-Irsyad Kota Tegal pada pembelajaran matematika materi pokok polinomial.

Author Biography

Desi Dwi Jayanti

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: adanya efektivitas metode rekreasi matematika detik dengan level A2 terhadap tingkat kesiapan belajar siswa pada pembelajaran materi pokok polinomial. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI MIA SMA Al-Irsyad Kota Tegal sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Selain itu untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji Anava dan Independent Sample T Test. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat kesiapan belajar siswa antara yang menggunakan metode rekreasi matematika detik dengan level A2 dengan yang menggunakan metode konvensional pada materi pokok polinomial. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05. Berdasarkan penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kesiapan belajar siswa pada metode rekreasi matemaatika detik dengan level A2 lebih efektif dari tingkat kesiapan belajar siswa pada metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode rekreasi matematika detik dengan level A2 efektif terhadap peningkatan kesiapan belajar siswa kelas XI MIA SMA Al-Irsyad Kota Tegal pada pembelajaran matematika materi pokok polinomial.

Published
2018-12-16