Utami, Wikan Budi (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2 (2). pp. 75-81. ISSN print 2597-7024, online 2597-9582
Text
peer review kefektifitan make a match.pdf Download (310kB) |
|
Text
Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
1044 Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMAN 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 140 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes (dokumentasi). Teknik analisis data pada uji prasyarat sebelum penelitian menggunakan uji normalitas (uji liliefors), uji homogenitas (uji bartlett) dan uji kesetaraan sampel (anava satu arah). Pengujian validitas instrumen menggunakan rasch model, pengujian hipotesis pertama menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, pengujian hipotesis kedua menggunakan uji-t dua pihak dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match lebih dari 40% mencapai KKM 75. Terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran make a match dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu diketahui juga bahwa model pembelajaran make a match lebih baik dari model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wikan Budi Utami |
Date Deposited: | 06 May 2020 07:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1434 |
Actions (login required)
View Item |