Utami, Wikan Budi (2019) PERENCANAAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERORIENTASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI ERA DISRUPTIF. In: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Peluang dan Tantangan Konseling Karir di Era Disruptif), 1 desember 2018, UPS Tegal.
Text
Sertifikat BK.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
peer review perencanaan kurikulum BK UPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
PERENCANAAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERORIENTASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI ERA DISRUPTIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
169 Restricted to Repository staff only Download (1kB) |
Abstract
KKNI adalah kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang (baik yang diperoleh secara formal, non formal, in formal, atau otodidak). Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan membangun kesadaran mutu para penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan kualitas peserta didik (SDM) yang sesuaidengan kualifikasi yang ada. KKNI ini juga diharapkan dapat membangun karakter pendidikan Indonesia dengan peningkatan daya saing setiap SDM yang ada. Tujuan alur akademik adalah penguasaan ilmu, dengan kemungkinan melanjutkan pendidikan ke program pascasarjana. Sementara itu, pada alur profesi yang ditekankan adalah penguasaan keahlian agar dapat dipraktikkan langsung—yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan politeknik. Untuk itu, diperlukan pendekatan berbeda dalam pendidikan dan pengajarannya. Pada alur profesi, porsi praktik jauh lebih besar daripada teori. Peralatan laboratorium yang digunakan seharusnya diusahakan agar sedekat mungkin dengan kenyataan lapangan kerja. Pada alur akademik, porsinya terbalik. Perbedaan bukan hanya pada kurikulum, tetapi juga pada cara pengajarannya. Sebagai institusi otonom, perguruan tinggi memiliki dinamika sendiri sehingga perlu dipahami penyusun kebijakan yang menyangkut perguruan tinggi, baik dalam lingkungan perguruan tinggi maupun pada masyarakat luar.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wikan Budi Utami |
Date Deposited: | 07 May 2020 05:08 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:28 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1446 |
Actions (login required)
View Item |