PERENCANAAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERORIENTASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI ERA DISRUPTIF

Utami, Wikan Budi (2019) PERENCANAAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERORIENTASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI ERA DISRUPTIF. In: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Peluang dan Tantangan Konseling Karir di Era Disruptif), 1 desember 2018, UPS Tegal.

[img] Text
Sertifikat BK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
peer review perencanaan kurikulum BK UPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
PERENCANAAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BERORIENTASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI ERA DISRUPTIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
169
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)

Abstract

KKNI adalah kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang (baik yang diperoleh secara formal, non formal, in formal, atau otodidak). Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan membangun kesadaran mutu para penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan kualitas peserta didik (SDM) yang sesuaidengan kualifikasi yang ada. KKNI ini juga diharapkan dapat membangun karakter pendidikan Indonesia dengan peningkatan daya saing setiap SDM yang ada. Tujuan alur akademik adalah penguasaan ilmu, dengan kemungkinan melanjutkan pendidikan ke program pascasarjana. Sementara itu, pada alur profesi yang ditekankan adalah penguasaan keahlian agar dapat dipraktikkan langsung—yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan politeknik. Untuk itu, diperlukan pendekatan berbeda dalam pendidikan dan pengajarannya. Pada alur profesi, porsi praktik jauh lebih besar daripada teori. Peralatan laboratorium yang digunakan seharusnya diusahakan agar sedekat mungkin dengan kenyataan lapangan kerja. Pada alur akademik, porsinya terbalik. Perbedaan bukan hanya pada kurikulum, tetapi juga pada cara pengajarannya. Sebagai institusi otonom, perguruan tinggi memiliki dinamika sendiri sehingga perlu dipahami penyusun kebijakan yang menyangkut perguruan tinggi, baik dalam lingkungan perguruan tinggi maupun pada masyarakat luar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wikan Budi Utami
Date Deposited: 07 May 2020 05:08
Last Modified: 12 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item