Atmaja, Andi (2020) Analisis kemampuan koneksi matematika peserta didik dalam mengerjakan soal cerita pada materi statistika. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Text
ANDI ATMAJA (1714500007).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK ATMAJA, ANDI. 2020. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Materi Statistika” ( Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Bhakti Praja Pangkah Tahun Pelajaran 2019 / 2020 )”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pecasakti Tegal. Pembimbing I Wikan Budi Utami, M.Pd. Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Koneksi Matematika, Soal Cerita Pada Materi Statistika Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui dan menganalisis kemampuan koneksi matematika peserta didik dalam mengerjakan soal cerita pada materi statistika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II berjumlah enam Peserta Didik berdasarkan pekerjaan orang tua murid sebagai pedagang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil tes kemampuan koneksi matematis perseta didik yang terdiri dari 5 soal urain dan hasil wawancara terhadap indikator-indikator koneksi kemampuan matematis yang meliputi: 1. Mengidentifikasi hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur. 2. Memahami hubungan di antara topik matematika. 3. Menerapkan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari hari. 4. Memahami representasi ekuivalen suatu konsep. 5. Mengidentifikasi hubungan satu prosedur dengan prosedur lain dalam representasi yang ekuivalen. 6. Menerapkan hubungan antartopik matematika dan antara topik matematika dengan topik di luar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pada indikator pertama yang mampu ada 2 peserta didik dan yang kurang mampu 4 peserta didik, pada indikator kedua yang mampu ada 3 peserta didik dan yang kurang mampu ada 3 peserta didik, pada indikator 3 yang mampu 1 peserta didik dan yang kurang mampu ada 5 peserta didik, indikator keempat yang mampu ada 6 peserta didik, indikator kelima yang mampu ada 6 peserta didik serta pada indikator keenam yang tidak mampu ada 1 peserta didik dan yang kurang mampu ada 5 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih banyak peserta didik yang kemampuan koneksi matematikanya kurang baik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Andi Atmaja Atmaja |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 08:25 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:34 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2258 |
Actions (login required)
View Item |