Prajita, Maulidho Alfian (2020) ANALISA KINERJA LALU LINTAS SIMPANG TAK BERSINYAL ( STUDI KASUS SIMPANG JALAN PALA RAYA, JALAN WERKUDORO, JALAN SIKLEPUH KABUPATEN TEGAL ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Text
SKRIPSI FIXXX Nemeeen baru pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Prajita, Maulidho Alfian. 2020. “ Analisa Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal ( Studi Kasus Simpang Jalan Pala Raya, Jalan Werkudoro, Jalan Siklepuh Kabupaten Tegal ) “ Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pancasakti Tegal. Kabupaten Tegal merupakan daerah yang sering terjadi mengalami permasalahan kemacetan, apalagi daerah tersebut terletak berdekatan dengan wilayah kota Tegal. Salah satu faktor penyebab terjadinya hal tersebut adalah adanya perubahan kondisi lalu lintas simpang yang tidak diikuti oleh perubahan manajemen simpang tersebut. Salah satu simpang di kabupaten Tegal yang memerlukan evaluasi dan peningkatan kinerja adalah simpang tiga tak bersinyal yang berada di desa Mejasem. Dalam penelitian ini, lokasi yang dipilij sebagai lokasi penelitian adalah Persimpangan yang berada di desa Mejasem yaitu lebih tepatnya Persimpangan Werkudoro dan Persimpangan Siklepuh, dimana kedua simpang tersebut jaraknya 100 m. pemilihan lokasi ini karena pada jam – jam tertentu (pada pagi dan sore hari) sering terjadi antrian yang cukup panjang sehingga memungkinkan untuk dilakukan penelitan pada Persimpangan tersebut. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil perhitungan data lapangan dapat diketahui kapasitas kedua simpang tersebut : yang pertama pada simpang Werkudoro memiliki Kapasitas ( C ) = 2298,204 smp/jam, untuk Derajat kejenuhanya (Ds) = 1,09, untuk tundaan simpangnya (D) = 24,54 detik/smp. Yang kedua pada simpang Siklepuh memiliki Kapasitas ( C ) = 2380,884 smp/jam, untuk Derajat kejenuhan (Ds) = 1,07 dan untuk tundaan simpangnya (D) = 22,96 detik/smp. pada tingkat pelayanan jalan kedua simpang memiliki tingkat pelayanan C atau sedang, ini menunjukan bahwa kedua simpang tersebut mendekati lewat jenuh, yang menyebabkan antrian yang cukup panjang pada saat jam puncak. Kata Kunci : Kapasitas Simpang tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan, MKJI 1997.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil |
Depositing User: | Maulidho Alfian Prajita Dido |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 01:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:59 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2260 |
Actions (login required)
View Item |