IMPLEMENTASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHIC MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Firdaus, Achmad (2020) IMPLEMENTASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHIC MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
A. FIRDAUS, NPM.1816500002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Firdaus, Achmad. 2020. Implementasi Model PBL (Problem based learning) Berbantuan Video Motion Graphic Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Bayu Widiyanto, M.Si. Pembimbing II Yuni Arfiani, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL, Video motion graphic dan sikap peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara model PBL berbantuan video motion graphic dengan model PBL berbantuan PPT dan mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, angket sikap peduli lingkungan, RPP dan naskah video motion graphic. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah bentuk angka dari hasil jawaban tes dan angket. Wujud data tersebut dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dengan tujuan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dan uji paired sampel t test digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan sikap peduli lingkungan peserta didik. Rata-rata nilai pre-test sebesar 60,47 dan pada hasil rata-rata nilai post-test sebesar 60,78. Hasil uji Mann Whitney menunjukan adanya perbedaan dengan nilai sig pada pre-test sebesar 0,036 dan pada post-test sebesar 0,004 kedua nilai sig memiliki nilai yang lebih kecil dari > 0,05. Hasil uji t paired sampel t test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada model PBL berbantuan video motion graphic untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Dengan hasil rata-rata nilai angket sebelum perlakuan sebesar 71,71 dan sesudah perlakuan mengalami kenaikan menjadi sebesar 79,68. Saran dalam penelitian ini adalah Perlu memaksimalkan waktu agar langkah-langkah model PBL dapat diterapkan dengan baik, perlu adanya penyempuranaan media video motion graphic dengan materi pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: firdaus achmad
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 10 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item