Tania Safitri, Tania and Leli Triana, Leli and Vita Ika Sari, Vita (2020) Penerapan Maksim Kebijaksanaan dalam Interaksi Sosial Generasi Muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang dan Implikasinya pada Pembelajaran di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Tania Safitri NPM.1516500070.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Tania.2020. NPM 151650070. Penerapan Maksim Kebijaksanaan dalam Interaksi Sosial Generasi Muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang dan Implikasinya pada Pembelajaran di SMA. Skripsi. Tegal : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidiksn Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Leli Triana, S.S, M.Pd. Pembimbing II Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Maksim kebijaksanaan, interaksi sosial dan implikasi pembelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan maksim kebijaksanaan pada interaksi sosial generasi muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber penelitian ini adalah tuturan generasi muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Wujud data penelitian ini berupa penggalan tuturan generasi muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabuapten Pemalang. Peneyedian data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Selanjutnya tahap analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis, dengan teknik dasar unsur pilah penentu dan teknik lanjutanya adalah teknik hubung banding menyamakan. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal yaitu menjelaskan penerapan maksim kebijaksanaan dalam bentuk deskripsi dengan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan maksim kebijaksanaan dalam interaksi sosial generasi muda di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang terdapat pada lima proses interaksi sosial, meliputi proses asosiatif kerja sama, proses asosiatif akomodasi, proses disosiatif persaingan, proses disosiatif kontravensi dan proses disosiatif pertentangan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas X semester genap, pada kompetensi dasar 3.11 Menganalisis isi, sttruktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. Adapun materi pokoknya adalah menentukan struktur dan kebahasaan teks negosiasi. Saran dari penelitian ini adalah siswa hendaknya memperhatikan kesantunan dalam pergaulan dan saat berkomunikasi di lingkungan rumah maupun sekolah, untuk guru bahasa Indonesia menggunakan contoh tuturan generasi muda yang menerapkan maksim kebijaksanaan sebagai penjelasan mengenai kesantunan berbahasa, penelitian yang lain sebaiknya meningkatkan penelitian terutama di bidang bahasa khususnya penerapan maksim lainya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Tania Safitri Tania |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 01:56 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:31 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2311 |
Actions (login required)
View Item |