KEPUASAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR

Haryati, Siti (2020) KEPUASAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi 30 juli fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi 30 juli fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi 30 juli fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HARYATI , SITI. 2020. Kepuasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Beni Habibi, M.Pd. Pembimbing II A. Rony Yulianto, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Kepuasan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang, dan (3) pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut mengunakan angka- angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK PGRI 2 Taman Pemalang sebanyak 114 siswa, dengan sampel 80 siswa yang diambil menggunakan rumus proporsionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang dengan tingkat pengaruh 49% (2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang dengan tingkat pengaruh 48% (3) kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar siswa di SMK PGRI 2 Taman Pemalang dengan tingkat pengaruh 60,6%.   ABSTRACT HARYATI, SITI. 2020. Student Satisfaction Learning in the Covid-19 Pandemic Period Based on Teacher Professional Competence and Learning Facilities. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University, Tegal. Advisor I Dr. Beni Habibi, M.Pd. Advisor II A. Rony Yulianto, M.Pd. Keywords: Teacher Professional Competence, Learning Facilities, and Learning Satisfaction. This researh to find out the presence of (1) the effect of teacher professional competence on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang (2) the effect of learning facilities on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang, and (3) the effect of teacher professional competence and learning facilities on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang. This research used a quantitative approach that is widely demanded to use numbers as a source of processing to the presentation of results. The population in this study were students of class XII Accounting and Finance at SMK PGRI 2 Taman Pemalang as many as 114 students, with a 80 students sample taken used the formula of proportional stratified random sampling Data collection methods used observation and questionnaires. Data analysis techniques used descriptive analysis, simple linear regression and multiple linear regression. The results showed (1) teacher professional competence had a positive and significant effect on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang with 49% influence, (2) learning facilities had a positive and significant effect on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang with 48% influence, and (3) teacher professional competence and learning facilities simultaneously have positive and significant effect on student satisfaction at SMK PGRI 2 Taman Pemalang with 60,6% influence.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: siti siti Haryati Haryati
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:04
Last Modified: 10 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item