Perwiranegara, Bimo Restu (2020) PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PUSPONEGORO 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Bimo Restu Perwiranegara.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perwiranegara Bimo, Restu. 1116500014. 2020. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Mulyani, M.Pd. Pembimbing II: Renie Tri H., M.Pd. Kata Kunci: Pola asuh otoriter, kedisiplinan belajar. Dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan dapat menjadi alat yang bersifat preventif untuk mencegah dan menjaga hal hal yang dapat mengganggu dan menghambat proses belajar. Untuk itu berbagai peraturan ikut diberlakukan di sekolah-sekolah untuk menegakkan tingkat kedisiplinan siswa, salah satunya pola asuh. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pola asuh otoriter terhadap peserta didik 2) untuk mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik 3) untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan belajar peserta didik Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 peserta didik, penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus korelasi cricbach alpha, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif presentase, dan analisis korelasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua otoriter yang telah dilakukan kepada peserta didik kelas XI di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat dikatakan bahwa pola asuh orang tua peserta didik kelas XI di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 36%. kedisiplinan belajar yang telah dilakukan kepada peserta didik kelas XI di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat dikatakan bahwa kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 28%. Pengaruh pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan belajar peserta didik tergolong kuat derngan nilai signifikansi ρ value sebesar 0,000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI di SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran yang bisa diberikan adalah bagi orang tua, diharapkan mampu mempertahankan pola asuh yang sudah diberikan kepada anak dan selalu membimbing anak agar dapat menerapkan kedisiplinan dalam belajar Bagi sekolah, diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan orang tua siswa dalam hal penerapan perilaku disiplin baik di rumah maupun di sekolah. Bagi peserta didik, kedisiplinan belajar yang baik diperoleh dari kontrol diri dan tanggung jawab, maka disarankan kepada peserta didik untuk selalu menjaga dan meningkatkan kontrol diri serta tanggung jawab.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Bimo Restu Perwiranegara Bimo Restu Perwiranegara |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 00:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:57 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2390 |
Actions (login required)
View Item |