KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP GROUP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN

Nurfaozan, Akhmad Prasetyo (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP GROUP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI Akhmad Prasetyo Nurfaozan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI Akhmad Prasetyo Nurfaozan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp Group dapat melampaui target 60% dan nilai rata-ratanya diatas KKM 74. (2) Perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran melalui WhatsApp Group dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran melalui WhatsApp Group lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai Kelas Eksperimen, satu kelas sebagai Kelas Kontrol, dan satu kelas sebagai kelas Uji Coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu sampel, uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp Group dapat melampaui target 60% dan nilai rata-ratanya diatas KKM 74. (2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran melalui WhatsApp Group dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran melalui WhatsApp Group lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akhmad Prasetyo Nurfaozan
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:50
Last Modified: 10 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item