Alfi Nurlaela, Alfi Nurlaela (2020) Penelitian karya ilmiah. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Alfi Nurlaela 1516500010 word.doc Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemerolehan bahasa pada anak usia 1-2 tahun di Desa Ciduwet, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes pada ranah semantik dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pada penelitian ini menggunakan teori Clark bahwa pemerolehan bahasa dibagi menjadi empat tahap yaitu, tahap penyempitan makna, tahap generalisasi berlebih, tahap medan semantik dan tahap generalisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 1-2 tahun di Desa Ciduwet, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Wujud data penelitian ini berupa tuturan anak usia 1-2 tahun Desa Ciduwet, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Teknik penyediaan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat catat dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu. Teknik penyajian hasil pada penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa pada anak usia 1-2 tahun di Desa Ciduwet, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes dalam bidang semantik terdapat empat tahap yaitu, tahap penyempitan makna (sembilan tuturan), tahap generalisasi berlebih (enam belas tuturan) sedangkan tahap medan semantik dan tahap generalisasi tidak ditemukan data karena peneliti hanya meneliti anak usia 1-2 tahun saja. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran di SMA, khususnya kelas X semester gasal dengan materi memahami makna kebahasaan teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam pergaulan saat berkomunikasi di lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan sekolah. Guru bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan contoh tuturan yang menerapkan pemerolehan bahasa sebagai penjelasan mengenai makna kebahasaan teks biografi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Alfi Nurlaela Alfi Nurlaela |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:53 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 01:43 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2412 |
Actions (login required)
View Item |